nusabali

Satpol PP Cek Situasi Pasar Tradisional

Hadapi Tatanan Hidup Era Baru

  • www.nusabali.com-satpol-pp-cek-situasi-pasar-tradisional

GIANYAR, NusaBali
Satpol PP Gianyar bersama Disperindag dan Dinas Perhubungan Gianyar cek situasi pelaksanaan tatanan hidup era baru di tujuh pasar umum se Kabupaten Gianyar, Kamis (9/7).

Pengecekan ini sebagai tindaklanjut dari Surat Edaran Gubernur Bali Nomor  3355 Tahun 2020 tentang Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru. Bahwasanya, GTPP Covid-19 menaruh perhatian pada tiga klaster penyebaran, yakni pasar tradisional, keluarga, dan masyarakat.

Sidak ini bertujuan memantau kesiapan terutama dari segi protokol kesehatan. “Kami bersama tim gabungan memantau  sekaligus mengecek kesiapan di sejumlah pasar rakyat milik pemerintah di tujuh kecamatan dalam menghadapi suasana tatanan hidup era baru terutama dari segi protokol kesehatan,” jelas Kepala Satpol PP Gianyar I Made Watha, saat memantau di Pasar Relokasi di Kelurahan Samplangan, Gianyar, Kamis (9/7).

Kata Watha, pasar tradisional yang diizinkan beroperasi hanya pasar yang sudah menerapkan protokol tatanan kehidupan era baru secara ketat. Satpol dan tim telah pemantauan sejumlah pasar tradisional, seperti Pasar Umum Gianyar, Pasar Umum Ubud, Pasar Umum Sukawati, Pasar Umum Tampaksiring, Pasar Umum Blahbatuh, Pasar Umum Tegallalang, dan Pasar Umum Payangan. Semya pasar ini sudah mentaati protokol kesehatan. Dimana para pedagang, pengunjung dan pelaku pasar lainnya sudah memakai masker dan jaga jarak. Begitu pun dengan bak cuci tangan atau wastafel, sudah tersedia cukup banyak di tempat-tempat strategis di pasar. Begitu juga di pintu masuk pasar, ada petugas yang bertugas mengecek suhu tubuh masyarakat yang beraktivitas keluar masuk pasar. “Kami juga menurunkan petugas Satpol PP tiap hari untuk memantau dan berkoordinasi dengan pihak desa adat agar penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional tetap dilakukan,” tegas I Made Watha lagi.

Pada intinya tambah Made Watha, kesiapan Pemkab Gianyar terutama penerapan protokol kesehatan di pasar tradisional secara umum sudah siap. Karena selain intens selalu berkoordinasi dengan gugus tugas, pihaknya melalui kepala pasar setiap hari rutin mengingatkan para pedagang, pembeli maupun pelaku pasar lainnya agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Pada kesempatan yang sama sebelumnya Kadis Perindag Gianyar Luh Gde Eka Suary menyerahkan bantuan masker dan face shield secara simbolis pada Kepala Pasar Umum Gianyar, lanjut diserahkan kepada para pedagang. Menurut Eka Suary masker ini merupakan bantuan dari Bupati Gianyar sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19 di pasar tradisional.

Turut hadir dalam pemantauan tersebut, Kadis Perhubungan Gianyar I Wayan Suamba, Kepala Pasar Umum Gianyar Nengah Nama Artawa dan dari unsur Dinas Kesehatan, Polres Gianyar, Kodim/1616 Gianyar, unsur kecamatan dan dari desa adat. *nvi, lsa

Komentar