nusabali

KMP Dharma Rucitra 3 Belum Ditarik, Tunggu Pemeriksaan

  • www.nusabali.com-kmp-dharma-rucitra-3-belum-ditarik-tunggu-pemeriksaan

AMLAPURA, NusaBali
Setelah 15 hari evakuasi, akhirnya KMP Dharma Rucitra 3 bisa nyandar di Dermaga II Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Selasa (7/7) sekitar pukul 20.05 Wita.

Hanya saja bangkai kapal belum bisa ditarik ke Surabaya untuk diperbaiki. Sebab kapal masih perlu diperiksa PT BKI (Biro Klasifikasi Indonesia).

Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, mengatakan kapal yang telah nyandar masih perlu diperiksa PT BKI. Tujuannya, untuk memastikan kapal-kapal berbendera Indonesia telah memenuhi ketentuan konvensi international maritime organization (IMO), termasuk melakukan survei dan sertifikasi statutoria untuk kapal yang berbobot di atas 500 gross tonnage. “Kami masih menuggu tim survei dari PT BKI,” jelas Luh Eka Suryamin, Rabu (8/7).

Disebutkan, kegiatan pengklasifikasian kapal berdasarkan konstruksi lambung, mesin, dan listrik kapal. Tujuannya memberikan penilaian laik tidaknya kapal berlayar. Juga mengecek load line atau sertifikat kapal dan mencegah pencemaran di laut, Juga mengecek ISM Code (international safety manajemen) code, menyangkut standar manajemen keselamatan untuk mengoperasikan kapal secara aman. Di samping mengecek ISPS (international ship and port security) Code, yang merupakan regulasi dari IMO (international maritime organization) yang secara khusus mengatur keselamatan di laut agar terhindar dari ancaman bajak laut atau terorisme.

Itulah sebabnya, setelah kapal itu nyandar terlebih dahulu diperiksa dari PT BKI. Jika dinyatakan layak diperbaiki, maka kapal tersebut akan ditarik menggunakan tag boat ke Surabaya. Tag boat telah disiapkan pemilik kapal, PT DLU (Dharma Lautan Utama). “KMP Dharma Rucitra 3 sudah bisa nyandar secara normal. Hanya saja kondisi kapal perlu dicek, masih menunggu pihak PT BKI,” jelas Luh Eka Suyasmin. *k16

loading...

Komentar