nusabali

Hormati Perjuangan Peraih Tiket PON Papua

KONI Daftarkan 251 Atlet

  • www.nusabali.com-hormati-perjuangan-peraih-tiket-pon-papua

Pendaftaran semua atlet itu  memang karena hak mereka. Soal nanti harus menyesuaikan dengan kuota, itu teknis pada saat proses entry by name.

DENPASAR, NusaBali
KONI Bali memastikan pendaftaran atlet pada medio Juli ini akan mengakomodir semua atlet peraih tiket PON Papua XX/2021. KONI akan mendaftarkan maksimal 251 atlet dari 38 cabang olahraga. Dengan demikian hak atlet tidak akan ada yang tercecer pada tahap pendaftaran entry by nomor.

"Pelaksanaan PON Papua waktunya memang masih panjang. Tapi, semua tahapan akan kami ikuti dengan baik. Termasuk mendaftarkan seluruh atlet peraih tiket PON Papua. Tanpa terkecuali, semuanya kami daftarkan ke PB PON Papua," kata Sekum KONI Bali, IGN Oka Darmawan, Rabu (8/7).

Menurut Oka Darmawan, pendaftaran semua atlet itu  memang karena hak mereka. Soal nanti harus menyesuaikan dengan kuota, itu teknis pada saat proses entry by name. Berkaca pengalaman sebelumnya, baru penentuan definitif saat mendekati PON 2021.

Logikanya, kata Oka Darmawan, jumlah 251 atlet itu kecil kemungkinan untuk bertambah. Dan, kalau berkurang kemungkinannya sangat besar. Sebab ada atlet yang lolos PON di satu kelas lebih dari satu orang. Sedangkan ketentuan kuota hanya boleh diikuti satu atlet untuk satu provinsi.

Menurutnya, hal itu terjadi di cabang olahraga judo, Bali meloloskan lebih dari satu pejudo untuk beberapa kelas. Karena itu, mereka harus diseleksi lagi, khususnya di kelas bersangkutan. Sebab ketentuannya, hanya diperbolehkan mengirimkan satu pejudo di tiap kelas.

"Penentuan definitif tim PON Bali juga menyesuaikan regulasi dari PB PON dan PB Cabang olahraga. Tapi, biasanya menjelang PON baru diputuskan demikian. Ketika masuk tahap program TC Sentralisasi," kata pensiunan birokrat di Pemkab Badung itu.

Menurutnya, pendadaftaran semua atlet itu karena menyangkut proses juga. Sebab atlet telah berjuang maksimal, bahkan ada yang rela berdarah-darah hingga cedera. Perjuangan maksimal atlet hingga meraih tiket PON, jelas akan mendapatkan apresiasi.

“Yakni dengan jalan mendaftarkan mereka di proses entry by nomor. Harapan kami, semoga anggarannya nanti menunjang. Anggaran yang diajukan disetujui Pemprov Bali, sehingga dapat mengirim semua atlet peraih tiket PON Papua,”kata Oka Darmawan.

Menurutnya, KONI akan memperjuangkan anggaran itu. Meski sebatas pembantu pemerintah di bidang olahraga, namun semua keputusannya tetap ada di tangan Pemprov Bali.

“Kalau entry by nomor masih diperbolehkan pergantian atlet. Di proses entry by name baru tidak bisa dilakukan pergantian lagi. Makanya, saat ada atlet cedera menjelang bertanding, makan akan sulit digantikan atlet lainnya. Apalagi, ada di sejumlah cabor langsung menerapkan proses entry by nomor sekaligus by name. Itu juga harus kita patuhi bersama," kata Oka Darmawan. *dek

Komentar