nusabali

Gus Adhi Desak Mentan Berdayakan Litbang Pertanian

  • www.nusabali.com-gus-adhi-desak-mentan-berdayakan-litbang-pertanian

JAKARTA, NusaBali
Semakin meningkatnya alih fungsi lahan pertanian membuat anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk memberdayakan Badan Litbang (Penelitian dan Pengembangan) Pertanian.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting agar alih fungsi lahan pertanian dapat ditekan lebih maksimal. "Litbang saat ini menjadi trending topik, karena setiap hari alih fungsi lahan pertanian semakin meningkat. Saya setuju Pa Menteri agar lebih memberdayakan Litbang," ujar Gus Adhi, panggilan AA Bagus Adhi Mahendra Putra, saat Raker Komisi IV DPR RI bersama Menteri Pertanian, secara fisik dan virtual, Selasa (7/7).

Gus Adhi pun memaparkan, secara konkret Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali terlihat lesu darah. Padahal, sebagai anggota Komisi IV DPR RI, yang antara lain membidangi masalah pertanian, Gus Adhi sering mengajak BPTP Bali ke lapangan langsung.

Anggota Fraksi Golkar ini menyarankan agar Litbang Pertanian berbasis desa. Apalagi saat ini di desa ada pemilihan langsung. Dengan begitu nantinya akan menjadi salah satu program andalan sehingga memiliki basis data yang konkret. Terutama mengenai jumlah penyuluh pertanian dan luas lahan pertanian.

"Terlebih saat ini pandemi Covid-19, banyak anggota masyarakat kembali ke pertanian. Karena itu perlu trik untuk membina petani," ucap Gus Adhi.

Pria yang dua periode jadi anggota Komisi IV DPR RI ini menegaskan, sebenarnya yang dibutuhkan para petani adalah pendampingan atau partner agar hasil panennya lebih meningkat.

"Jika ini diwujudkan, saya yakin alih fungsi lahan dan SDM pertanian tidak ada lagi," tegas Gus Adhi.

Dalam kesempatan itu, Gus Adhi juga menyampaikan, agar program Kostra Tani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian) jangan ditunda. "Ini sangat penting untuk dilakukan guna memajukan pertanian, khususnya di era pandemi Covid-19 ini," papar Gus Adhi. *k22

loading...

Komentar