nusabali

Timnas U-16 Jalani Swab Test

  • www.nusabali.com-timnas-u-16-jalani-swab-test

JAKARTA, NusaBali
Seluruh pemain, pelatih dan ofisial Timnas U-16 Indonesia menjalani tes usap (swab test) Covid-19 di sela pemusatan latihan nasional (TC) di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (7/7).

Dikutip dari laman resmi PSSI, kegiatan itu dilakukan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan pada timnas di bawah asuhan Bima Sakti itu. "Ini juga menjadi arahan dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan," ujar dokter PSSI Syarif Alwi.

PSSI memberlakukan protokol kesehatan secara ketat pada TC Timnas U-16, yang menjadi kegiatan sepakbola resmi pertama PSSI saat pandemi Covid-19. Beragam protokol kesehatan pun diterapkan seperti semua pemain wajib menggunakan sarung tangan selama berlatih, mencuci tangan teratur, memakai masker ketika beraktivitas di luar lapangan, melakukan penjarakan fisik, mengikuti tes Covid-19 baik tes cepat maupun tes usap secara rutin dan tidak boleh keluar dari penginapan kecuali ada sesuatu yang sangat mendesak.

Sebelumnya, pada Minggu (7/7), timnas U-16 sudah melakukan tes cepat (rapid test) dengan hasil seluruh personel skuat nonreaktif Covid-19. Para pemain timnas U-16 menyambut baik penerapan protokol kesehatan selama TC termasuk melakukan pengetesan Covid-19.

Bek sayap timnas U-16 Alexandro Felix Kamuru menegaskan, kesehatan adalah hal yang paling utama saat ini. "Saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada PSSI. Tes ini kami lakukan untuk memastikan kondisi kami benar-benar fit dan negatif dari virus. Dengan begitu kita bisa merasa makin nyaman dan aman untuk menjalani latihan," tutur Alexandro.

TC Timnas U-16 berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 6-29 Juli. Kegiatan ini diikuti oleh 26 pemain. Skuat belia Garuda tersebut tengah disiapkan untuk berlaga di Piala Asia U-16 edisi 2020 di Bahrain, 25 November-12 Desember. Di kejuaraan itu, Timnas U-16 bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12). *ant

loading...

Komentar