nusabali

Pantai di Tabanan Masih Tutup dari Kunjungan Wisatawan

  • www.nusabali.com-pantai-di-tabanan-masih-tutup-dari-kunjungan-wisatawan

TABANAN, NusaBali
Sejumlah pantai di Kabupaten Tabanan yang biasanya didatangi wisatawan masih tutup.

Pengelola belum berani membuka dan masih menunggu keputusan dari Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Di sisi lain sebagai persiapan menghadapi new normal, Pantai Yeh Gangga di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan sudah melakukan langkah antisipasi. Salah satunya mengadakan pembersihan dengan melibatkan masyarakat dengan jumlah terbatas.

Bendesa Adat Yeh Gangga I Ketut Dolia mengaku Pantai Yeh Gangga sampai saat ini masih ditutup untuk kunjungan wisatawan. Pihaknya belum berani membuka lantaran masih menunggu keputusan dari Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Namun sebagai persiapan untuk menghadapi new normal, kegiatan bersih-bersih pantai sudah dilakukan. Gotong royong tersebut hanya melibatkan sebanyak 25 orang. “Kami persiapan saja meski belum ada keputusan resmi kapan pantai bisa dibuka,” kata Dolia, Selasa (7/7).

Penutupan pantai untuk kunjungan wisatawan masih terjadi di Pantai Kelating, Kecamatan Kerambitan, Tabanan. “Masih ditutup, belum berani buka menunggu instruksi dari pemkab,” ungkap Bendesa Adat Kelating Dewa Made Maharjana.

Bahkan pada saat Hari Raya Saraswati dan Banyupinaruh, penjagaan ketat diberlakukan dengan melibatkan pecalang dan linmas. Ini sebagai antisipasi kedatangan krama malukat saat Banyupinaruh (sehari setelah Hari Raya Saraswati, Red) ke pantai. “Kita jaga ketat dari Sabtu (4/7) pagi hingga Minggu (5/7) sore,” imbuh Dewa Maharjana.

Menurut Dewa Maharjana, meskipun Pantai Kelating belum dilengkapi sejumlah fasilitas wisata, kunjungan wisatawan utamanya saat akhir pekan sangat banyak. Per hari bisa mencapai 100 orang sekadar untuk refreshing dan mandi. “Intinya kami masih tutup, belum berani buka. Kalau dibuka secara umum kami takut kunjungan bisa ribuan, karena masyarakat kita sudah rindu bepergian,” ujarnya.

Tak hanya pantai di bagian barat, Pantai Kedunggu di Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Tabanan pun masih ditutup dari kunjungan wisatawan. Namun Pantai Kedunggu ada rencana akan dibuka pada 31 Juli 2020. “Ada rencana dibuka pada 31 Juli sejalan dengan instruksi dari Pemprov Bali,” ujar Perbekel Belalang I Made Mustika.

Untuk itu, menjelang dibuka untuk umum pantai sudah mulai dibersihkan. Bahkan pedagang yang biasanya berjualan di sekitar pantai sudah dikoordinasikan untuk berjualan kembali.

Made Mustika menegaskan ketika pantai dibuka untuk umum, tentunya akan dijaga ketat petugas. Pengunjung tetap diwajibkan menggunakan masker dan selalu diimbau jaga jarak sebagai antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19),” tandasnya. “Protocol kesehatan tetap kami perhatikan supaya tidak terjadi cluster penularan virus,” tandasnya. *des

Komentar