nusabali

Bupati Giri Prasta Serahkan Bantuan bagi UMKM di Kawasan Objek Wisata

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-serahkan-bantuan-bagi-umkm-di-kawasan-objek-wisata

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Badung merealisasikan bantuan stimulus tahap pertama bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khusus di kawasan objek wisata.

Bantuan sebesar Rp 2 juta per UMKM tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Badung 2020. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Bupati I Nyoman Giri Prasta di Wantilan Objek Wisata Sangeh, Selasa (7/7). Hadir di acara tersebut Wabup I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Putu Parwata beserta anggota IB Sunarta, Sekda Adi Arnawa, Kepala BPD Cabang Mangupura I Gst Ngurah Agung Artawan, Kabalitbang Wayan Suambara, Kadis Kominfo IGN Jaya Saputra, Kabag Humas Made Suardita, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Camat Abiansemal IB Mas Arimbawa, dan Ketua Forum Perbekel Badung Kadek Sukarma.

Bupati Giri Prasta mengatakan bantuan yang diberikan ini merupakan stimulus buat pelaku UMKM di kawasan objek wisata, khusus menyambut new normal. Calon penerima bantuan telah melewati serangkaian proses verifikasi dan validasi data yang sangat ketat.

Menurut Bupati Giri Prasta, bantuan ini merupakan wujud komitmen Pemkab bersama DPRD Badung untuk membentuk ‘community empowering’ yang nantinya diharapkan dapat mendukung kemandirian masyarakat dalam bidang perekonomian. Mengingat UMKM memiliki 2 peran strategis, yakni sebagai sarana pemerataan tingkat perekonomian masyarakat kecil, karena berada di berbagai tempat bahkan UMKM menjangkau daerah pelosok. Kedua, sarana mengentaskan kemiskinan, sebab angka penyerapan tenaga kerja terhitung tinggi.

“Berdasarkan regulasi Permendagri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Realokasi dan Refocusing Anggaran yang di dalamnya diatur juga tentang pemulihan ekonomi, kami Pemkab Badung melakukan pendataan terhadap pelaku UMKM pada objek pariwisata. Dari 938 pelaku UMKM yang memiliki usaha di kawasan objek wisata, setelah melalui proses verifikasi data untuk menghindari tumpang tindih anggaran dan dobel bantuan karena ada BLT dan BST dari pemerintah pusat, maka yang lolos hanya 94 pelaku UMKM,” kata Bupati Giri Prasta.

Untuk nominal bantuan, per UMKM diberikan Rp 2 juta. “Bantuan ini hanya sekali saja diberikan melalui BPD Cabang Badung,” tegas Bupati Giri Prasta.

Berkenaan dengan new normal pariwisata, Bupati Giri Prasta menyampaikan bahwa Kabupaten Badung sangat siap untuk melaksanakannya, karena Badung tidak berada dalam zona merah.

“Untuk new normal pariwisata kami sangat siap. Badung tidak masuk zona merah. Yang terpenting ketika wisatawan memasuki DTW harus dicek suhu tubuhnya dengan thermo gun, tetap menggunakan masker, menerapkan social distancing, maupun cuci tangan,” tambah mantan Ketua DPRD Badung ini.

Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung Made Widiana melaporkan bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM ini berupa bantuan PBSU (Penerima Bantuan Stimulus Usaha). Bantuan tahap pertama ini diserahkan kepada 19 pelaku UMKM dengan rincian 13 pelaku UMKM di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Sangeh, Kecamatan Abiansemal dan 6 pelaku UMKM di DTW Taman Ayun, Kecamatan Mengwi. Bantuan ini sama seperti bantuan stimulus lainnya, yang hanya boleh diterima oleh pengusaha kecil yang belum tersentuh bantuan. *asa

Komentar