nusabali

363 PPDP di Jembrana Dirapid Test, Tiga Orang Reaktif

  • www.nusabali.com-363-ppdp-di-jembrana-dirapid-test-tiga-orang-reaktif

NEGARA, NusaBali
Menjelang pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada Jembrana 2020, KPU Jembrana melaksanakan rapid test terhadap para calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Dari pelaksanaan rapid test yang diikuti 636 orang PPDP per, Selasa (7/7) ada 3 orang yang ditemukan reaktif. Anggota KPU Jembrana Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Made Widiastra, mengatakan pelaksanaan rapid test para calon PPDP itu dijadwalkan berlangsung selama 4 hari mulai, Senin (6/7) hingga Kamis (9/7) nanti. Pelaksanaannya tersebar di 10 Puskesmas se-Jembrana. “Sesuai tagline kita ‘Penyelenggara Sehat Pemilih Selamat’, kita lakukan rapid test terhadap semua penyelenggara yang akan bertugas,” ujarnya.

Widiastra menjelaskan, PPDP akan melaksanakan tugas pencoklitan pada tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus nanti. Khusus di Jembrana, akan disiapkan sebanyak 640 orang PPDP sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pilkada Jembrana nanti. “Satu TPS satu PPDP. Sebelum mereka bertugas, kita rapid test dulu untuk memastikan kesehatan mereka,” ucapnya.

Sesuai laporan per Selasa kemarin, Widiastra mengatakan dari total 640 calon PPDP, sudah ada 636 orang yang telah melaksanakan rapid test. Hasilnya, ada 3 orang yang reaktif, dan 633 orang non reaktif. Adapun ketiga calon PPDP yang diketahui reaktif itu, diantaranya 2 orang di wilayah Kecamatan Mendoyo dan 1 orang di wilayah Kecamatan Jembrana. “Sesuai ketentuan, calon PPDP yang reaktif dilakukan penggantian. PPS (Panitia Pemungutan Suara) mengusulkan kembali calon PPDP pengganti, dan nanti tetap akan dirapid test sebelum ditetapkan,” ungkapnya.

Widiastra menambahkan, sebelumnya juga sudah dilakukan rapid test terhadap jajaran Komisioner KPU, PPK, PPS, termasuk jajaran sekretariat. *ode

Komentar