nusabali

Hujan Deras, Rumah Warga Miskin Tergerus Longsor

  • www.nusabali.com-hujan-deras-rumah-warga-miskin-tergerus-longsor

NEGARA, NusaBali
Hujan deras yang terjadi pada Minggu (5/7) sore hingga petang, mengakibatkan bencana tanah longsor yang menggerus sebagian rumah milik warga miskin, I Ketut Supiada, 48, di Lingkungan Munduk Anyar, Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, Jembrana.

Selain sebagian rumah, bangunan dapur dan kamar mandi juga tergerus longsor. Supiada mengatakan, sebagian rumahnya yang tergerus longsor itu  merupakan hasil bedah rumah bantuan Pemkab Jembrana tahun 2015. Bagian yang tergerus merupakan tempat kamar tidurnya bersama istrinya. Sedangkan satu yang masih tersisa, dan juga sudah nyaris tergerus, merupakan kamar tidur ketiga anaknya. “Kejadiannya waktu masih hujan. Hujannya dari sekitar pukul 5 sore (17.00 Wita), dan kejadian longsor sekitar pukul 18.30 Wita,” ucap Supiada, Senin (6/7).

Sebelum kejadian, Supiada bersama istri dan anak-anaknya sedang berkumpul di teras rumah. Saat itu, tiba-tiba dirinya merasakan agak terguncang dan melihat tanah di sisi barat rumahnya seketika menggerus sebagian rumahnya. “Saya langsung lari ke pekarangan. Semua barang-barang di dalam juga tergerus. Pakaian yang selamat hanya satu-satunya pakaian yang saya pakai ini,” ujar Supiada yang bekerja sebagai buruh serabutan.

Di samping menggerus sebagian rumahnya, bangunan dapur berdinding gedek dan bangunan kamar mandi yang tepat berada di barat rumahnya, juga ikut hancur. Reruntuhan sejumlah bangunan  itu tertimbun di dasar tebing di barat permukaan rumahnya. Akibat kejadian tersebut, Supiada bersama keluarganya, terpaksa mengungsi di rumah saudaranya yang masih satu pekarangan dengannya. “Di barat itu, sebelumnya ada senderan. Tetapi kemungkinan memang tidak kuat, dan posisi memang agak dekat tebing, mungkin tidak kuat,” ucap Supiada.

Sementara Senin kemarin, musibah tanah longsor yang menggerus rumah Supiada ditinjau Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan. Wabup Kembang didampingi Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana I Ketut Eko Susila, termasuk jajaran kelurahan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas setempat, menyerahkan bantuan sembako kepada keluarga Supiada.

Wabup Kembang mengatakan, untuk kerusakan rumah warga kurang mampu tersebut, akan segera diusulkan bantuan ke Pemprov Bali. “Untuk sementara, bantuannya sembako dulu. Nantinya akan saya usulkan ke provinsi. Paling tidak utamakan bantuan senderan dulu, karena sekarang masih dalam situasi pandemi Covid-19,” ucap Wabup Kembang. Dia mengimbau agar warga selalu waspada menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini. *ode

loading...

Komentar