nusabali

Tiga Warga Disengat Tawon, 1 Orang Masuk UGD

  • www.nusabali.com-tiga-warga-disengat-tawon-1-orang-masuk-ugd

TABANAN, NusaBali
Pemadam Kebakaran Kabupaten Tabanan melakukan evakuasi sarang tawon alvinis di rumah Wayan Mudana di Banjar Batan Nyuh Kelod, Desa Belayu, Kecamatan Marga, Senin (6/7).

Evakuasi dilakukan setelah tiga orang anggota keluarga Wayan Mudana menjadi korban sengatan. Salah seorang di antaranya bahkan harus dilarikan ke UGD BRSU Tabanan.

Tiga anggota keluarga Wayan Mudana yang menjadi korban sengatan tawon adalah Ni Made Jamur, I Komang Lestari, dan I Putu Nanda. Yang harus dibawa ke UGD adalah Ni Made Jamur.

Kabid Pemadam Kebakaran Tabanan I Wayan Suakta menjelaskan pihaknya mendapat laporan dari Wayan Mudana. Petugas damkar diminta melakukan evakuasi sarang tawon yang ada di pohon mangga di rumahnya. “Tawon tersebut sudah bersarang sejak lama. Tiga anggota keluarganya menjadi korban sengatan,” tegas Suakta.

Menurut Suakta, evakuasi sarang tawon yang dilakukan menggunakan alat manual. Pertama, di lubang sarang tawon dimasukkan kapas yang berisi bensin. Cara memasukkan kapas ke dalam lubang sarang tawon menggunakan kayu panjang. Kemudian sarang disemprot menggunakan racun serangga. Lalu sarangnya diambil.

“Sebelum anggota melakukan evakuasi, anggota sebanyak 4 orang menggunakan baju pemadam kebakaran serta menggunakan helm agar terhindar dari sengatan,” beber Suakta.

Di hari yang sama petugas damkar juga mengevakuasi sarang tawon di Banjar Batanyuh Kelod. Sarang tawon bersarang di dalam rumah warga.

Suakta menambahkan belakangan ini Pemadam Kebakaran memang sering melakukan evakuasi sarang tawon. Evakuasi dilakukan berdasarkan laporan masyarakat. “Setelah mendapatkan laporan, kami langsung turun meskipun dengan alat manual. Tawon alvinis sangat berbahaya,” tandas Suakta. *des

loading...

Komentar