nusabali

Banyu Pinaruh di Tirta Sudamala, Pamedek Bergiliran

  • www.nusabali.com-banyu-pinaruh-di-tirta-sudamala-pamedek-bergiliran

BANGLI, NusaBali
Tirta Sudamala di Banjar Sedit, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli cukup ramai didatangi pamedek saat Rahina Banyupinaruh, Redite Pahing Sinta, Minggu (5/7) atau sehari setelah Hari Suci Saraswati.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, pengelola memperketat penerapan protokol kesehatan. Kelian Banjar Adat Sedit, Jro Mangku Nengah Armada, mengatakan bertepatan dengan Rahina Banyupinaruh, cukup ramai pamedek yang tangkil ke Pura Tirta Sudamala. Di tengah pandemi Covid-19 ini ada pula pamedek yang berasal dari luar Bangli, seperti Gianyar dan Karangasem. Pamedek yang tangkil datang silih berganti, sehingga tidak ada penumpukan. Menurut Jro Mangku Armada, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan, seperti menyiapkan tenaga untuk melakukan pemantauan dalam penerapan protokol kesehatan. Selain itu disiapkan pula sarana pendukung seperti hand sanitizer dan masker.

Para pamedek diatur jarak saat melukat maupun melakukan persembahyangan. "Jumlah dibatasi, satu kloter kisaran 20-25 orang, sehingga jarak pamedek dapat diatur," ungkapnya. *esa

Komentar