nusabali

Jaga Eksistensi Daerah Konservasi Bupati Akan Aktifkan Peran Jagawana

  • www.nusabali.com-jaga-eksistensi-daerah-konservasi-bupati-akan-aktifkan-peran-jagawana

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta akan mengaktifkan jagawana, terutama di kawasan Badung Utara.

Hal itu lantaran Badung Utara yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tabanan, Buleleng, dan Bangli, merupakan daerah konservasi dengan keberadaan hutan lindung. “Untuk menjaga keberadaan daerah konservasi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tabanan, Buleleng, dan Bangli, kita akan mengaktifkan peran jagawana yang dilengkapi dengan kendaraan operasional motor trail, untuk memudahkan mereka menjalankan tugasnya,” kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di sela-sela memimpin penanaman 400 pohon Badung di pinggir ruas jalan Kantor Desa Pelaga-Bukian, Petang, Minggu (5/7). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kadis LHK Wayan Puja, Kabag Humas Made Suardita, Camat Petang Wayan Darma, Camat Kuta Utara Putu Eka Parmana, Pj Perbekel Pelaga, Pj Perbekel Tibubeneng, Perbekel Dalung, Perbekel Canggu, Bendesa Adat Tandeg, serta staf Desa Pelaga.

Bupati Giri Prasta menyampaikan tentang pentingnya keberadaan pohon bagi keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Karena pohon mampu menghasilkan oksigen, air, menurunkan suhu udara dampak dari polusi, maupun sebagai tempat hidup untuk beberapa makhluk lainnya.

“Di Bali kita ada perayaan Tumpek Uduh, otonan bagi tumbuhan. Ini wujud konsep hubungan manusia dengan lingkungan, bagaimana kita memanusiakan dan mendewakan tumbuhan, untuk menjaga keharmonisan siklus hidup di alam semesta. Pohon-pohon yang memiliki nilai ekologis tinggi akan terus kita lestarikan, seperti bambu yang bermanfaat untuk menyangga daerah jurang dan aliran sungai. Subak kita akan berikan pohon Pule karena bermanfaat untuk menjaga keberadaan sumber mata air, lantaran akarnya menghasilkan air. Demikian pula halnya pohon Badung yang menjadi ikon Kabupaten Badung, akan terus kita lestarikan dan kembangkan di wilayah utara sampai selatan Kabupaten Badung,” tandas Bupati Giri Prasta.

Terkait pengembangan objek wisata di Badung Utara, Bupati menyatakan jembatan lama yang menghubungkan Desa Pelaga dan Belok akan ditata oleh Pemkab Badung menjadi sebuah kawasan wisata adventure dengan menyediakan lintasan ATV, sehingga objek wisata di Kabupaten Badung menjadi lebih variatif.

“Jembatan lama yang di bawah akan kita tata menjadi objek wisata adventure dengan menyediakan jalur track ATV, dan tempat untuk jualan pun akan kita sediakan. Sehingga akan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitarnya,” tutur Bupati Giri Prasta. *asa

Komentar