nusabali

Diskoperindag Jembrana Siapkan Pos Jaga di Pasar

Disiplinkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

  • www.nusabali.com-diskoperindag-jembrana-siapkan-pos-jaga-di-pasar

NEGARA, NusaBali
Jelang pemberlakuan new normal, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Jembrana menyiapkan pos jaga di pasar umum se-Kabupaten Jembrana.

Pos jaga di tiap pintu masuk pasar tersebut, disiapkan untuk memastikan setiap warga di lingkungan pasar tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selain mempersiapkan pos jaga, dalam upaya mendisiplinkan pedagang maupun pengunjung pasar, jajaran Diskoperindag Jembrana menggencarkan sosialisasi. Seperti yang dilakukan di Pasar Umum Tegal Cangkring, Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Minggu (5/7) dini hari. Sosialisasi yang dilaksanakan mulai sekitar pukul 05.00 Wita hingga 06.30 Wita itu, juga menggandeng aparat kelurahan, Satgas Gotong Royong desa adat, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas setempat.

Kepala Dinas Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata, mengatakan pada prinsipnya, dinas telah siap menghadapi pemberlakuan new normal di lingkungan pasar. Dari sisi sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti tempat cuci tangan, juga sudah tersedia di masing-masing pasar. Namun yang menjadi tantangan adalah kedisiplinan warga di pasar.

“Kalau sarana dan prasarana, sudah tidak ada masalah. Tinggal bagaimana nanti, kita perlu terus mengingatkan tentang protokol pencegahan Covid-19 agar benar-benar terlaksana,” ucap Agus Adinata.

Menurut Agus Adinata, dari hasil rapat koordinasi (rakor) tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jembrana beberapa waktu lalu, disepakati membuat pengaturan akses pintu masuk pasar. Di masing-masing pintu masuk pasar, juga diminta ada pos jaga sebagai tempat pemeriksaan terhadap setiap warga di pasar. Di pos jaga itu, selain dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, juga akan memastikan setiap pedagang maupun pengunjung menggunakan masker, menjaga jarak, termasuk mengarahkan cuci tangan saat keluar/masuk pasar.

“Pengaturan akses dan pos jaga sudah kami siapkan. Tinggal dikoordinasikan kembali dengan jajaran terkait yang akan terlibat untuk bersama-sama mengawal pemberlakuan new normal. Seperti dari BPBD, Kesehatan, TNI/Polri, termasuk Satgas Gotong-Royong untuk kesiapan personel. Rencana kami, pos jaga yang sudah disiapkan itu sudah efektif berjalan mulai pekan depan,” ujar mantan Camat Negara ini. *ode

Komentar