nusabali

Quartararo Diduga Langgar Aturan FIM

  • www.nusabali.com-quartararo-diduga-langgar-aturan-fim

MIES, NusaBali
Federasi Balap Motor Internasional (FIM) menemukan pelanggaran yang dilakukan pembalap, saat berlatih menjelang seri perdana MotoGP 2020.

Satu pembalap diduga menjadi pelanggar, yakni Fabio Quartararo dari Tim Petronas Yamaha SRT.  Sebelumnya, para pembalap ramai-ramai berlatih menggunakan motor produksi massal di berbagai sirkuit. Contohnya, Johann Zarco dari Tim Reale Avintia Ducati yang berlatih di Sirkuit Catalunya dengan menggunakan motor Ducati Panigale V4 Superbike.

Kendati berlatih mengasah feeling dengan motor untuk persiapan MotoGP, para pembalap dilarang menggunakan motor atau suku cadang yang bakal dipakai saat lomba. Sebab, pemakaian motor MotoGP beserta suku cadangnya hanya boleh digunakan saat tes resmi.

Menduga adanya pelanggaran selama latihan, FIM memanggil sejumlah pembalap yang namanya dirahasiakan. Sang pembalap diminta mengikuti sidang dengar pendapat di sela-sela MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez, 19 Juli.

“Sidang dengar pendapat untuk pembalap yang mungkin melanggar peraturan akan dilaksanakan pada MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez, dengan agenda mendengarkan keterangan pembalap serta untuk kepentingan penyelidikan. Untuk saat ini, FIM tidak akan berkomentar lebih lanjut,” bunyi pernyataan resmi FIM, dikutip dari Motorsport, Jumat (3/7).

Pihak federasi memang tidak menyebutkan nama pembalap. Namun, menurut Motorsport, pembalap yang dimaksud adalah Fabio Quartararo. El Diablo diketahui belum lama ini mengaspal dengan motor Yamaha R1 Superbike di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis.

FIM menduga Fabio Quartararo melanggar karena keberadaan beberapa kru dari Petronas Yamaha SRT di sirkuit. Motor Yamaha R1 yang digunakan pembalap berusia 21 tahun itu diduga memakai beberapa suku cadang yang melanggar peraturan FIM soal tes tertutup. Namun, Fabio Quartararo kemungkinan tidak mendapat hukuman berat. *

loading...

Komentar