nusabali

Hamilton Kuasai FP I di Austria

  • www.nusabali.com-hamilton-kuasai-fp-i-di-austria

SALZBURG, NusaBali
Lewis Hamilton memuncaki catatan waktu sesi latihan bebas pertama (FP1) seri pembuka Formula 1, di Sirkuit Red Bull Ring, Salzburg, Austria, Jumat (3/7).

Memperkenalkan debut livery baru Mercedes, Hamilton menggeber W11 berwarna hitam sebanyak 41 putaran. Juara dunia enam kali itu keluar sebagai yang tercepat, dengan waktu satu menit 4,816 detik. Dia unggul 0,356 detik dari pebalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas.

Hamilton dan Bottas juga menggunakan sistem kemudi poros ganda (DAS) yang kontroversial, untuk memangkas catatan waktunya. Namun hal itu dinilai tidak menyalahi regulasi tahun ini.

Sedangkan pebalap tim Red Bull Max Verstappen 0,3 detik lebih lambat dari Bottas untuk di peringkat ketiga,  dalam sesi latihan yang sempat diguyur gerimis itu. Juara GP Austria dua tahun terakhir itu juga unggul 0,013 dari mobil McLaren Carlos Sainz, yang bakal menggantikan Sebastian Vettel di Ferrari tahun depan.

Sergio Perez, berjarak 0,1 detik dari Verstappen, melengkapi peringkat lima besar untuk Racing Point. Perez berambisi menyaingi tiga tim besar dengan mobil "pink Mercedes".

Mobil RP20 yang Perez gunakan sangat mirip dengan mobil Mercedes yang digunakan Hamilton saat merebut gelar juara dunia pada 2019. Kendati demikian, tampak tim yang bermarkas di Silverstone itu mampu mengoptimalkan performa power unit Mercedes yang digunakan.

Sementara Lando Norris finis di depan pebalap Red Bull Alex Albon (P7). Sedangkan Daniel Ricciardo membawa mobil Renaultnya (P8), diikuti pebalap Haas Kevin Magnussen (P9).

Ferrari, yang mengaku tak puas dengan paket mobil mereka tahun ini, mendapati Charles Leclerc pada peringkat ke-10. Sedangkan rekan satu tim Leclerc, Sebastian Vettel di P12, dipisahkan oleh Lance Stroll dari tim Racing Point.

Sesi latihan tersebut menjadi yang pertama bagi para pebalap untuk kembali ke trek bersama-sama, sejak sesi tes pramusim di Barcelona Februari lalu. Austria menjadi tuan rumah dua seri pembuka dalam kalender musim 2020 yang direvisi setelah terdampak pandemi virus corona. Balapan juga berjalan di bawah protokol kesehatan ketat dan tanpa penonton. *ant

Komentar