nusabali

PAUD LPS Siapkan Pembelajaran Daring

  • www.nusabali.com-paud-lps-siapkan-pembelajaran-daring

AMLAPURA, NusaBali
Pendidikan Anak Usai Dini (PAUD) Lascarya Parama Seva di Banjar Darma Winangun, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu, Karangasem, mulai mempersiapkan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021.

Hanya saja tidak semua orangtua siswa memiliki HP android. Sehingga orangtua murid wajib datang ke sekolah mengambil tugas-tugas untuk diterapkan di rumahnya.

Pendiri PAUD Lascarya Parama Seva, I Made Putu Kawi Suardana, mengatakan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) mulai disusun untuk siswa belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Pembelajaran tetap mengembangkan 6 aspek yakni nilai agama dan moral, fisik motorik, kognetif, sosial, emosional, bahasa dan seni. Penjabarannya melalui RPPM (rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan) disusun untuk pembelajaran satu minggu. “Pembelajaran itu berisi identitas, program layanan, KD (kompetensi dasar), materi pembelajaran, dan rencana kegiatan,” ungkap Kawi Suardana, Jumat (3/7).

Khusus untuk orantua siswa yang memiliki HP android, akan dapat kiriman video cara belajar di rumah dari guru lengkap dengan alat, bahan, dan alat menunjang kegiatan bermain di rumah. Selanjutnya orangtua siswa mengimplementasikan di rumah dengan merekam kegiatan anak-anak, selanjutnya videonya dikirim ke guru. Bagi yang tidak memiliki HP android, bisa datang ke sekolah melakukan pembelajaran langsung di sekolah diawasi guru. Sementara baru 2 siswa yang mendaftar.

“Memang ruwet pembelajaran daring, rencananya nanti setiap hari mendatangkan 5 siswa untuk tatap muka langsung sehingga siswa lebih cepat paham cara bermain yang baik dan benar,” ungkap Kawi Suardana. Diakui, belajar tatap muka jauh lebih efektif dibandingkan belajar online. Apalagi mendidik siswa Taman Kanak-Kanak yang umurnya 4-6 tahun. “Intinya, orangtua siswa mau menyekolahkan anak-anaknya saja saya merasa bersyukur, kali ini membebani orang tua siswa agar turut aktif jadi guru pengganti di rumah untuk mengajarkan pembelajaran bermain,” katanya. *k16

loading...

Komentar