nusabali

Pedagang Pasar Rakyat Ulakan Wajib Pakai Face Shield

  • www.nusabali.com-pedagang-pasar-rakyat-ulakan-wajib-pakai-face-shield

AMLAPURA, NusaBali
Pengunjung Pasar Rakyat Ulakan di Banjar Belong, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem wajib gunakan masker, cek suhu tubuh, jaga jarak, dan cuci tangan saat masuk maupun keluar pasar.

Sementara pedagang pasar diwajibkan menggunakan face shield. Protokol kesehatan diberlakukan secara ketat untuk mencegah penyebaran virus corona di pasar.  

Kepala Pasar Rakyat Ulakan, I Wayan Gede Susila, mengaku waswas sejak muncul kasus 15 warga positif Covid-19 di Banjar Cegeng, Desa Kertha Buana, Kecamatan Sidemen. Sehingga memberlakukan protokol kesehatan yang ketat di Pasar Rakyat Ulakan agar pasar tidak jadi klaster baru penularan Covid-19. Warga Desa Ulakan yang berjualan di Pasar Rakyat Ulakan dibatasi mengambil barang di Pasar Galiran Klungkung. “Warga Desa Ulakan yang jadi pengunjung Pasar Galiran telah dirapid test dengan hasil negative,” ungkap Susila, Jumat (3/7).

Pasar Rakyat Ulakan dibuka dari pukul 06.00 Wita-18.00 Wita. Lokasinya di barat perempatan Desa Ulakan. Sebanyak 315 pedagang beraktivitas di Pasar Rakyat Ulakan, setiap hari dijaga pecalang untuk mengawasi pengunjung agar tidak satu pun ada yang lolos tanpa menggunakan masker. Wayan Gede Susila mengingatkan 315 pedagang, jika ada pengunjung tanpa menggunakan masker untuk tidak dilayani. Sebab berisiko kena Covid-19. “Kami berlakukan ketat untuk pengunjung Pasar Rakyat Ulakan sejak 1 Juli 2020,” ungkap Wayan Gede Susila.

Guna mendukung protokol kesehatan di Pasar Rakyat Ulakan juga dilengkapi 11 buah wastafel buat cuci tangan, Pedagang buah dari Banjar Belong, Desa Ulakan, Ni Wayan Kerti dan pedagang bunga dari Banjar/Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem Ni Wayan Sari, mengaku telah menaati imbauan pemerintah yang diteruskan Kepala Pasar Rakyat Ulakan dan pecalang. “Kami sudah pakai face shield juga pakai masker. Selama ini pembeli yang datang selalu pakai masker,” jelas Ni Wayan Kerti. *k16

Komentar