nusabali

Air Laut Pasang, Kapal Gagal Terapung

  • www.nusabali.com-air-laut-pasang-kapal-gagal-terapung

AMLAPURA, NusaBali
Rencana mengapungkan KMP Dharma Rucitra 3 di Dermaga II Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, menemui kendala, Jumat (3/7).

Sebab air laut tiba-tiba pasang. Sehingga gagal mengapungkan kapal. Padahal seluruh peralatan evakuasi kapal telah lengkap terpasang, mulai dari 8 unit air bag, profile tank 200 unit, dan alat pendukung lainnya dipasang di sekeliling KMP Dharma Rucitra 3 untuk menjaga keseimbangan kapal.

Sebenarnya rencana mengapungkan KMP Dharma Rucitra 3 diagendakan pada Sabtu (4/7) hari ini. Namun seluruh pelampung lengkap terpasang, telah diujicoba, dan siap mengapungkan KMP Dharma Rucitra 3. Ternyata air laut pasang, terjadi ombak pantai, aktivitas di laut terganggu karena digoyang ombak. “Mudah-mudahan besok cuaca laut mendukung, tidak ada air pasang dan ombak pantai. Evakuasi akan lancar apabila cuaca mendukung," jelas Abdul Holik, owner PT Three D Diving Jakarta, selaku rekanan yang mengerjakan evakuasi seluruh barang dan kendaraan dari kapal itu.

Dikatakan, setelah berhasil mengevakuasi KMP Dharma Rucitra 3, maka kapal ini akan ditarik dengan tag boat ke Surabaya untuk perbaikan. Pemilik kapal dari PT DLU (Dharma Lautan Utama) telah menyiapkan tag boat. KMP Dharma Rucitra 3 dengan spesifikasi panjang 17 meter, lebat 14 meter, rakitan tahun 1989, dengan bobot 1.444 gross tonnage, berpenumpang 43 orang. Juga berpenumpang 7 orang mitra dagang dengan 19 ABK, dinakhodai Wahyudi. *k16

loading...

Komentar