nusabali

Satpol PP Tertibkan Pedagang di Atas Trotoar

  • www.nusabali.com-satpol-pp-tertibkan-pedagang-di-atas-trotoar

AMLAPURA, NusaBali
Satpol PP Karangasem menertibkan pedagang yang jualan di atas trotoar di Jalan Ahmad Yani Amlapura, Kamis (2/7).

Selama patroli, petugas menemukan dua pedagang buah yang berjualan di atas trotoar. Kedua pedagang buah itu yakni Ni Ketut Partini dan Levi. Keduanya diberikan surat teguran I. Sidak dipimpin Kepala Bidang Trantib I Made Begananda.

Setelah di Jalan Ahmad Yani, Begananda bersama 9 anggotanya melanjutkan sdak ke Pasar Amlapura Timur. Sejumlah pedagang pakaian diberikan pembinaan lisan. Pedagang makanan di atas trotoar di depan RSUD Karangasem, Jalan Ngurah Rai, juga dibina secara lisan agar tidak lagi mengulangi jualan di atas trotoar. Sebab trotoar merupakan fasilitas pejalan kaki masyarakat umum, bukan untuk jualan. “Jika ditemukan lagi jualan di atas trotoar, kami layangkan teguran I. Jika sampai melayangkan teguran III, barang dagangannya kami angkut,” jelas Begananda.

Made Begananda mengatakan, banyak pedagang yang melanggar Perda Ketertiban Umum. Terutama di trotoar Jalan Kesatrian, belasan pedagang memilih jualan di atas trotoar di kanan kiri jalan. Padahal di tengah pasar masih ada tempat jualan, apalagi di Pasar Amlapura Barat telah dibangun ulang. Begananda menegaskan, Satpol PP akan terus mengedukasi masyarakat agar tertib berjualan di tempat yang telah disediakan. Bukannya jualan di atas trotoar pinggir jalan yang menyebabkan lalulintas jadi krodit, macet, dan kesulitan gerak karena jalur jadi sempit. “Kami mengimbau warga agar tidak belanja pada dagang yang jualan di atas trotoar. Nantinya tidak ada lagi pedagang berjualan di atas trotoar,” pinta Begananda. *k16

Komentar