nusabali

Pamedek yang Tangkil Dibatasi

Persembahyangan Saraswati di Pura Jagatnatha

  • www.nusabali.com-pamedek-yang-tangkil-dibatasi

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar bersama Majelis Desa Adat (MDA) Kota Denpasar akan membatasi pamedek yang ingin tangkil ke Pura Agung Jagatnatha, Denpasar saat Hari Raya Saraswati pada Saniscara, Umanis, Watugunung, Sabtu (4/7) besok.

Ketua Majelis Madya Desa Adat Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana, Kamis (2/7) menjelaskan bahwa pelaksanaan persembahyangan Saraswati dipusatkan di Pura Agung Jagatnatha Denpasar. Namun proses pelaksanaannya mengacu pada SE Menteri Agama Nomor: 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, maka pelaksanaanya tidak melibatkan banyak orang.

“Secara upakara memang tetap seperti tahun sebelumnya, namun untuk pamedek kami batasi sesuai dengan protokol kesehatan yakni hanya sebanyak 30 orang. Selain itu, pengecekan suhu tubuh dan tempat cuci tangan juga sudah disediakan, di pintu masuk akan disiagakan pecalang untuk mengecek penggunaan masker, sehingga masyarakat diharapkan maklum untuk kebaikan kita bersama,” ujar Sudiana.

Selain pembatasan jumlah pamedek, perlengkapan selain upakara juga ditiadakan. Seperti halnya tabuh tetangguran, dan tari wali guna menghindari terjadinya kerumunan massa. “Jadi untuk penerapan social dan physical distancing maka piranti selain upakara ditiadakan, dan bagi masyarakat umum kami tidak melarang untuk bersembahyang, namun demikian akan dilaksanakan penerapan protokol kesehatan mulai dari pembatasan jumlah pemedek yang melaksanakan persembahyangan, kewajiban untuk menjaga jarak minimal 1,5 meter, menggunakan masker, serta penerapan PHBS di areal pura,” jelasnya.

Sudiana juga menekankan bahwa protokol kesehatan wajib dilaksanakan di seluruh pura atau tempat ibadah lainya. Mengingat pencegahan penyebaran Covid-19 saat ini merupakan tanggungjawab bersama. “Pura yang biasanya ramai pamedek juga wajib menerapkan protokol kesehatan, baik dengan pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak minimal 5 meter, dan masyarakat diharapkan untuk maklum mengingat ini untuk kebaikan kita bersama di masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya. *mis

Komentar