nusabali

Tenaga Faskes dan Petani Lanjut Usia Positif Covid-19

  • www.nusabali.com-tenaga-faskes-dan-petani-lanjut-usia-positif-covid-19

AMLAPURA, NusaBali
Tenaga fasilitas kesehatan (faskes) berjenis kelamin perempuan berusia 23 tahun dari Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem dinyatakan positif Covid-19.

Covid-19 juga menginfeksi seorang petani berusia 69 tahun berjenis kelamin laki-laki, dari Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis. Keduanya menjalani rapid test dan swab test pada Senin (29/6) dan hasilnya keluar Kamis (2/7) sore.

Satgas Koordinator Bidang Kesehatan GTPP  Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, Kamis (2/7), mengatakan, tenaga faskes yang terinfeksi Covid-19 yakni seorang perempuan bertugas sebagai cleaning service di sebuah klinik di Kecamatan Kubu. Setelah dilakukan tracing dengan menyasar 19 orang yang berlanjut dilakukan rapid test, terungkap hasilnya 1 orang reaktif. Sedangkan terkait seorang petani lanjut usia yang positif Covid-19, tracing menemukan 9 orang. Setelah dilakukan rapid test, hasilnya semua non reaktif.

Terkait tenaga faskes yang positif Covid-19, menurut Putra Pertama, di klinik yang bersangkutan sebelumnya juga ada petugas medis dan cleaning service yang positif. “Kali ini pasien positif Covid-19, juga berasal dari klinik itu,” ungkapnya. Sedangkan seorang petani yang positif Covid-19 di Desa Sengkidu, karena tetangga petani ini sebelumnya juga positif.

"Makanya selalu waspada, lakukan imbauan pemerintah seketat mungkin, sebab virus Corona telah mengintai di sekitar kita," ujar Putra Pertama yang juga Kadis Kesehatan Kabupaten Karangasem.

Selain adanya penambahan dua kasus positif Covid-19, juga ada dua pasien yang sembuh dari Banjar Cegeng, Desa Kertha Buana. Mulanya dari wilayah itu ada 15 pasien menjalani perawatan di Denpasar, sehingga yang tersisa menjalani perawatan sebanyak 13 pasien. Secara akumulasi kasus positif yang ditemukan di Karangasem, sebanyak 78 orang positif, yang telah sembuh sebanyak 40 orang dan masih menjalani perawatan sebanyak 38 pasien. Sedangkan terkait 4 kasus positif yang terjadi pada Rabu (1/7), tracing menemukan sebanyak 152 orang, sementara rapid test baru menyasar 62 orang. Hasilnya, 2 orang dinyatakan reaktif. Swab test akan dilakukan di RSUD Karangasem, Jumat (4/7) ini. *k16

loading...

Komentar