nusabali

Inovasi Ceribel Bisa Cetak Dokumenduk Dimana Saja

  • www.nusabali.com-inovasi-ceribel-bisa-cetak-dokumenduk-dimana-saja

SEMARAPURA, NusaBali
Guna menjaga keamanan dokumen kependudukan (dokumenduk), Pemkab Klungkung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Klungkung mengeluarkan sebuah inovasi yakni Cetak Mandiri Berbasis Email (Ceribel) di Kantor Disdukcapil Klungkung, Rabu (1/7).

Masyarakat yang mengajukan permohonan dokumen ke Disdukcapil, setelah diverikasi akan dikirim kembali form isian data dengan lengkap ke email masing-masing pemohon.

Inovasi ceribel ini dicoba langsung ketika Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi Kantor Disdukcapil Klungkung, Rabu (1/7) siang. Bupati didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Klungkung I Komang Dharma Suyasa.

Bupati Suwirta mengatakan sekarang mencetak akta kelahiran, akta perkawinan, bahkan kartu keluarga, tidak perlu menggunakan blanko khusus. "Jadi sekarang dokumen bisa disimpan lewat handphone, flashdisk atau di komputer. Sehingga nantinya pada saat dibutuhkan tidak lagi mencari ke Disdukcapil," ujar Bupati Suwirta.

Jelas Bupati, tanda tangan dokumen sudah menggunakan digital. "Semoga inovasi ini bisa berjalan dengan baik dan masyarakat tentunya bisa mencetak dokumen kependudukannya secara mandiri," imbuhnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klungkung I Komang Dharma Suyasa mengatakan selama pendemi Covid-19 ini pelayanan publik di Disdukcapil tetap berjalan dengan menjaga protokol kesehatan. Di mana bagi masyarakat yang mengurus dokumen kependudukannya diberikan nomor telepon lewat WhatApps.  "Dengan demikian masyarakat bisa mendokumentasikan dokumen kependudukan mereka masing-masing setelah mereka mengisi persyaratan pendaftaran," ujarnya. Dengan itu, masyarakat tidak berbondong-bondong lagi datang ke Disdukcapil. "Semoga dengan inovasi Ceribel ini bisa memberikan hal yang terbaik untuk masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, di mana situasi Covid-19 ini yang tidak menentu, protokol kesehatan juga harus tetap dijaga dengan baik," harapnya.*wan

loading...

Komentar