nusabali

Seorang Pejabat di Diskes Karangasem Positif Covid-19

  • www.nusabali.com-seorang-pejabat-di-diskes-karangasem-positif-covid-19

AMLAPURA, NusaBali
Salah satu pejabat, yakni Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Kesehatan (Diskes) Karangasem berjenis kelamin laki-laki, umur 53 tahun positif Covid-19.

Mulanya Kabid asal Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem ini mengeluhkan demam, batuk dan sesak napas. Selanjutnya dirawat inap di RSUD Karangasem sejak, Sabtu (27/6). Kemudian, menjalani rapid test dan tes swab PCR (polymerase chain reaction), Minggu (28/6) hasilnya dinyatakan positif Covid-19, Selasa (30/6) malam.

Koordinator Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karangasem yang juga Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, membenarkan salah satu stafnya positif Covid-19. Selanjutnya menjalani perawatan di rumah sakit rujukan di RSUP Sanglah Denpasar. Kepada NusaBali ditemui di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Rabu (1/7) Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, selama ini Kabid tersebut aktif menangani kasus positif Covid-19 di lapangan, juga menangani PMI (pekerja migran Indonesia) memberikan edukasi dan juga memantau perkembangan di lokasi karantina.

Sehingga kondisinya kelelahan. Di samping itu tetangganya di Desa Bugbug, juga ada yang positif Covid-19. Sehingga, Kabid yang satu ini kelelahan secara fisik, di samping usianya sudah tua. Akibatnya belakangan ini mengeluhkan tidak enak badan, terakhir masuk kerja, Kamis (18/6), selanjutnya masuk RSUD Karangasem yang akhirnya menjalani rawat inap sejak, Sabtu (27/6).

Mengingat kondisinya tidak kunjung membaik, masih tetap merasakan panas, sesak napas dan badannya meriang, sehingga petugas RSUD Karangasem melakukan rapid test, Minggu (28/6) hasilnya reaktif, berlanjut tes swab PCR dan dinyatakan positif Covid-19.

Dampak dari positif Covid-19 dialami pejabat Kabid itu, maka dilakukan tracing di sekitar Kantor Dinas Kesehatan, menyasar 50 staf, berlanjut dilakukan rapid test, Rabu (1/7) hasilnya non reaktif.

"Kabid ini memang kecapekan menangani kasus Covid-19 dan PMI, di samping karena faktor lingkungan sebagai penyebab tertularnya virus corona," jelas Gusti Bagus Putra Pertama. Hingga kemarin ada empat penambahan positif Covid-19 di Karangasem, termasuk pejabat Kabid di Dinas Kesehatan. Pasien lainnya petugas kesehatan yang dinyatakan positif Covid-19 menimpa seorang perawat, laki-laki, umur 55 tahun, dari Desa Kesimpar, Kecamatan Abang. Telah pula dilakukan tracing menyasar 82 orang, rapid tes digelar, Kamis (2/7).

Dua pasien lagi yang positif Covid-19 seorang laki-laki umur 35 tahun, tukang bangunan dari Desa Nawakerti, Kecamatan Abang dan seorang buruh Pasar Galiran, laki-laki umur 46 tahun, dari Desa Kertha Buana, Kecamatan Sidemen. Keempat pasien baru itu, transmisi lokal.

I Gusti Bagus Putra Pertama mengatakan, ada 3 pasien yang dinyatakan sembuh, 2 pasien dari Desa Kertha Buana, Kecamatan Sidemen dan 1 pasien dari Desa/Kecamatan Rendang. Sehingga total sembuh, 39 pasien, yang masih menjalani perawatan 37 pasien berasal dari 19 desa. Tercatat akumulasi positif Covid-19 di Karangasem sebanyak 76 orang. *k16

loading...

Komentar