nusabali

KONI Bali Dorong Pemerintah Lengkapi Infrastruktur

  • www.nusabali.com-koni-bali-dorong-pemerintah-lengkapi-infrastruktur

DENPASAR, NusaBali
KONI Provinsi Bali mendorong pemerintah dan instansi terkait untuk melengkapi segala keperluan sarana dan prasarana penunjang suksesnya pelaksanan Piala Dunia U-20 2021 di mana  Stadion Kapten Dipta Gianyar menjadi salah satu kandidat provinsi yang ditetapkan sebagai venue penyelengara.

"Kami mendorong pemerintah untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh FIFA khususnya dibidang infrastruktur. Sebelumnya, infrastruktur memang menjadi catatan utama di Bali, saat Ketua Umum PSSI Pusat Mochamad Iriawan melakukan inspeksi pada Februari yang lalu," ucap Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, Selasa (30/6).

Suwandi yang juga mantan Ketua Umum KONI Badung itu menegaskan, dengan terselenggaranya event tertinggi Piala Dunia U-20, jelas akan memberi dampak besar bagi kepariwisataan di Bali. Semoga saja sport tourism bisa berkembang dan mendapat dukungan dari seluruh stakeholder untuk menambah potensi Pariwisata Bali. "Kami jelas bangga dengan terpilihnya Bali sebagau salah satu pelaksanaan Piala Dunia U-20. Baginya, ini kepercayaan luar biasa bagi Bali.

Makanya seluruh pengambil kebijakan dan masyarakat Bali harus bersatu dan mendukung demi suksesnya hajatan tersebut. Semua pihak harus ikut bertanggungjawab atas kepercayaan tersebut," jelas Suwandi.

Sementara itu pihak Sekum Asprov PSSI Bali, Dewa Teges Wirawan memastikan untuk Stadion Utama dalam hal ini Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar memang tidak terlalu banyak memerlukan renovasi. Dari hasil inspeksi memang ada sejumlah catatan. Diakui, Bali justru lebih terganjal dari lapangan penunjang. Di mana saat ini disiapkan enam lapangan penunjang sebagai tempat latihan Timnas Piala Dunia U-20 2021 yang resmi diajukan ke FIFA.  

Lapangan penunjang itu yakni Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Lapangan Kapten Japa Denpasar, Stadion Gelora Tri Sakti Legian,  Stadion Samudera Kuta, Badung, dan Lapangan Yoga Perkanthi Jimbaran. Dari sekian lapangan penunjang itu, Lapangan Yoga Perkanthi Jimbaran sebagai lokasi yang paling anyar diusulkan. Itu atas arahan dari PSSI Pusat.

Dari enam  lapangan penunjang yang dipilih nantinya hanya tetap lima lapangan saja. Hanya saja, stadion penunjang ini masih banyak catatan. Soal kekurangan dan kelebihannya telah dikantongi. Misalnya akses parkir, kondisi rumput yang perlu diganti, atap Stadion ada bocor, kondisi toilet. Terpenting lapangan penunjang itu kondisinya tertutup. Sebab, akan digunakan untuk latihan peserta Timnas sebanyak 4 lapangan, dan satu lagi sebagai tempat latihan wasit.

Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar menjadi salah satu  venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatangbersama Stadion Jakabaring, Palembang; Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta; Stadion Jalak Harupat, Bandung; Stadion Manahan, Solo; dan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. "Kalau surat resminya memang belum kami terima. Tapi dari informasi lisan PSSI Pusat memang demikian. PSSI Pusat memastikan telah menetapkan home base dari klub sepakbola Bali United itu akan menjadi penyelenggaraan sepakbola terakbar U-20," tegas Ketum Asprov PSSI Bali, Ketut Suardana. *dek

loading...

Komentar