nusabali

Retak Tulang Selangka, Dovi Dituntut Ikuti Balapan 19 Juli

  • www.nusabali.com-retak-tulang-selangka-dovi-dituntut-ikuti-balapan-19-juli

MODENA, NusaBali
Usai retak tulang selangka bahu kiri pada Senin (29/6) dinihari Wita, Andrea Dovizioso langsung menjalani operasi di Rumah Sakit Modena, Italia.

Operasi ditangani Dr. Giuseppe Porcellini, dokter langganan pembalap asal Italia, seperti Valentino Rossi jika mengalami cedera.

Ya, Dovizioso kecelakaan saat sedang mengikuti Kejuaraan Motocross Regional Emilia Romagna di Sirkuit Monte Coralli, Faenza, Italia, Minggu (29/6) Wita. Setelah pemeriksaan, diketahui adanya keretakan pada tulang selangka bahu kiri Dovi.

Menurut Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, operasi dibutuhkan untuk mempercepat proses pemulihan cedera Dovizioso. Sebab Dovi ditargetkan turun berlomba pada sesi pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, 19 Juli.

"Minggu malam dia menjalani operasi dan ada plate yang ditanam di bahu untuk mempercepat penyembuhan. Targetnya adalah berlomba di Jerez," kata Ciabatti.

Artinya Dovizioso yang mengalami retak tulang selangka pada 28 Juni, sudah diharuskan berlomba di Jerez pada 19 Juli. Terhitung mulai Senin, Dovizioso hanya punya waktu 16 hari untuk memulihkan kondisi. Sebab pada 15 Juli, Dorna selaku penyelenggara MotoGP menjadwalkan sesi tes resmi di Sirkuit Jerez.

Tes ini sangat penting setelah semua pembalap dan tim tanpa kegiatan sejak pandemi virus corona. Alhasil kehadiran Dovizioso sangat penting.

Kepada sahabatnya, Paolo Ianieri, Dovizioso menceritakan penyebab kecelakaan pada event motorsport tersebut.

"Saya melakukan semua yang saya bisa. Ketika hendak mendarat (usai motor jumping), saya kehilangan kendali ban belakang dan saya jatuh," kata Dovizioso, kepada kepada sahabatnya, Paolo Ianieri.

Kembali menurut Ciabatti, beruntung Dovi tidak mengalami fraktur majemuk di tulang selangka. Fraktur majemuk adalah kondisi di mana tulang yang patah menembus kulit, sehingga menyebabkan infeksi.
*

Komentar