nusabali

PSSI Tunggu Tae-yong Untuk Putuskan Timnas U-20 Ikut Liga 1

  • www.nusabali.com-pssi-tunggu-tae-yong-untuk-putuskan-timnas-u-20-ikut-liga-1

JAKARTA, NusaBali
PSSI menunggu menunggu arahan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk memutuskan pemain U-20 mengikuti lanjutan Kompetisi  Liga 1 & Liga 2 2020.

Pasalnya, Surat Keputusan (SK) terbaru bernomor SKEP/53/VI/2020, yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, pada Sabtu (27/6), baru memutuskan kompetisi dilanjutkan pada Oktober mendatang. Selain itu, ada pula aturan baru soal besaran nilai kontrak pemain, pelatih, dan staf sebesar 50 persen untuk Liga 1 dan 60 persen atau minimal setara Upah Minimum Regional (UMR) untuk Liga 2.

Belum ada kepastian soal format, lokasi, hingga regulasi Pemain Timnas U-20 yang sempat diwacanakan. Regulasi U-20 disebut penting diterapkan demi kepentingan Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021. Soal itu, PSSI masih menunggu kedatangan Shin Tae-yong ke Indonesia, yang diwajibkan pada awal Juli ini.

"Nanti itu akan disesuaikan dengan jadwal kompetisi. Satu-dua hari ini Shin Tae Yong akan memberikan roadmap terbaru. Kami akan sesuaikan sehingga nanti roadmap ada, kepentingan klub juga terakomodasi, kepentingan timnas juga demikian," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Minggu (29/6) malam.

"Shin Tae Yong diharapkan (tiba) pada bulan Juli minggu pertama kembali ke Indonesia," ujar Iriawan.

Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) yang menjadi wadah para pemain muda juga dipertimbangkan akan bergulir lagi. Kompetisi kelompok usia mulai dari U-16, U-18, dan U-20 itu juga banyak menjadi wadah para pemain Timnas U-19 yang di Timnas U-20.

Soal ini Iriawan memastikan menggelar diskusi dengan Tim Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Apalagi EPA juga sama pentingnya dengan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Shin Tae-yong dan empat koleganya dalam staf pelatih timnas Indonesia yaitu Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong serta Gong Oh-kyun berada di Korea Selatan sejak April lalu. Mereka nanti menangani latihan timnas senior dan Timnas U-19.

Timnas senior menghadapi tiga laga terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, melawan tuan rumah Thailand pada 8 Oktober, menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober dan bertandang ke Vietnam pada 12 November 2020.  Sedangkan Timnas U-19 diproyeksikan bertanding pada Piala Dunia U-20 2021. *ant

Komentar