nusabali

KSOP Padangbai Amankan 272 Tabung Elpiji

  • www.nusabali.com-ksop-padangbai-amankan-272-tabung-elpiji

AMLAPURA, NusaBali
Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Padangbai mengamankan 272 tabung gas elpiji ukuran 12 kilogram dari KMP Dharma Rucitra 3 yang kandas di Dermaga II Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Senin (29/6).

Saat kapal kandas, tabung-tabung gas itu mengapung di sekitar Dermaga II. Hasil penyelidikan, dalam manifes tidak tercantum muatan tabung elpiji.  Kepala Kantor KSOP Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, mengakui adanya muatan tabung elpiji secara ilegal. Saat evakuasi kendaraan, sejak itulah muncul tabung gas dari salah satu truk besar. Tabung elpiji itu ditindih barang yang ada di atasnya. Setelah barang bagian atas diangkat, maka tabung elpiji mengambang. Barang yang ke luar dari kapal tidak bisa lewat karena petugas sudah pasang jaring. Sebanyak 272 tabung elpiji yang mengambang itu dievakuasi ke darat dan diamankan di lahan tegalan di Banjar Mimba, Desa Padangbai. Petugas Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai pasang garis polisi di lokasi pengamanan tabung elpiji.

Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan, tabung elpiji itu mestinya diangkut kendaraan khusus, bukan menggunakan truk bercampur muatan lain. “Terkait temuan adanya muatan tabung elpiji telah diselidi petugas KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi). Hasil penyelidikan belum ditembuskan, tabung elpiji masih dititipkan di Banjar Mimba,” kata Ni Luh Putu Eka Suyasmin. Sementara Manager PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai, Zainal Abidin, mengakui ada muatan tabung elpiji kosong. "Muatan itu tidak masuk manifest, bisa saja sopirnya menyembunyikan" kata Zainal Abidin.

Zainal Abidin mengaku telah berkoordinasi dengan KSOP dan Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai dalam melakukan penyelidikan lebih lanjut. Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, Kompol I Wayan Suberata, membenarkan ada tabung elpiji mengambang, tetapi penanganan dilakukan KSOP Pelabuhan Padangbai. Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai sifatnya membantu. “Setelah tabung elpiji diamankan, kami pasang garis polisi di tempat penitipan elpiji,” ungkap Kompol I Wayan Suberata. *k16

loading...

Komentar