nusabali

Menyusul Sang Balian, Istri dan Menantu Juga Positif Corona

  • www.nusabali.com-menyusul-sang-balian-istri-dan-menantu-juga-positif-corona

AMLAPURA, NusaBali
Per Minggu (28/6) kemarin terdapat lima penambahan pasien positif Covid-19 di Karangasem, semuanya merupakan kasus penularan (transmisi) lokal.

Tiga di antaranya merupakan istri, menantu dan pasien yang sempat ditangani seorang balian (paranormal) dari Desa Pertima, Kecamatan Karangasem. Ketiganya dinyatakan positif Covid-19 setelah jalani rapid test, Rabu (24/6) berlanjut tes swab PCR (polymerase chain reaction) hari itu juga di RSUD Karangasem dan hasilnya baru keluar, Minggu kemarin pukul 15.00 Wita.

Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, ditemui di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Minggu kemarin mengatakan awalnya seorang balian umur 45 tahun sebagai tukang pijat dari Desa Pertima, Kecamatan Karangasem dinyatakan positif setelah tertular dari salah satu pasiennya. Balian itu dinyatakan positif Covid-19 pada, Selasa (23/6) lalu.

Selanjutnya dilakukan tracing oleh Tim Surveilans dipimpin Kepala Puskesmas Karangasem I, drg Ni Luh Sri Panca Parwita Sari, menyasar 11 orang. Rapid test dan swab dilakukan, Rabu (24/6). Hasilnya istri balian, 55, menantu balian perempuan, 32, dan pasien balian laki-laki, 33, dari Desa Seraya Barat, Kecamatan Karangasem dinyatakan positif.

Dua lagi adalah perempuan 24 tahun dari Desa Nongan, Kecamatan Rendang kerabat dari yang positif Covid-19 sebelumnya yang berstatus pasien cuci darah. Satu lagi, perempuan 32 tahun, petugas bidan di Kecamatan Abang, status ODP (orang dalam pemantauan). Kelimanya telah menjalani perawatan tersebar di Denpasar.

"Telah dilakukan tracing dilakukan tim surveilans, hasilnya belum diketahui," jelas Gusti Bagus Putra Pertama. Kelima pasien positif Covid-19 itu katanya, transmisi lokal. Sehingga per Minggu kemarin akumulasi kasus positif Covid-19 di Karangasem sebanyak 71 orang, sembuh 36 orang dan yang tengah menjalani perawatan sebanyak 35 pasien.

Dari 35 pasien itu masing-masing 16 orang dari Kecamatan Sidemen, 6 orang dari Kecamatan Rendang, 4 orang dari Kecamatan Abang, 3 orang dari Kecamatan Kubu, 5 orang dari Kecamatan Karangasem, dan 2 orang dari Kecamatan Manggis.

Sedangkan 97 ODP (orang dalam pemantauan) masih dalam pemantauan 3 orang, 28 PDP (pasien dalam pengawasan) masih dalam pengawasan 3 orang, 1.199  OTG (orang tanpa gejala) masih 668 orang dalam pemantauan, 1.099 pelaku perjalanan telah tuntas pemantauannya, dan 988 PMI yang dikarantina, yang masih menjalani karantina Karangasem 173 PMI. *k16

loading...

Komentar