nusabali

Lima Kelompok Tani Dapat Bantuan UPPO

  • www.nusabali.com-lima-kelompok-tani-dapat-bantuan-uppo

BANGLI, NusaBali
Pemerintah pusat melaksanakan program pengembangan unit pengolah pupuk organik (UPPO).

Program ini menyasar 5 kelompok tani yang tersebar di Kabupaten Bangli. Masing-masing kelompok mendapat bantuan sebesar Rp 200 juta.

Kabid Sarana Prasarana dan Pemasaran Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, Wayan Darmayuda, mengatakan tujuan dari program aspirasi ini untuk membatu percepatan petani dalam usahanya dan meningkatkan kesejahteraannya. Kelompok tani yang berhak mendapat bantuan harus masuk dalam sistem informasi penyuluhan pertanian (simluhtan). Dinas PKP Bangli turun melakukan verifikasi kelompok tani. “Verifikasi melibatkan petugas dari Dinas Pertanian Provinsi Bali,” jelasnya Minggu (28/6).

Setelah verifikasi dan hasilnya sesuai peruntukan maka ditindaklanjuti oleh Dinas PKP Bangli dengan rekomendasi untuk diajukan ke pusat. Lima kelompok calon penerima bantuan unit pengolah pupuk organik yakni Kelompok Tani Bangun Merta, Songan B, Kintamani, Kelompok Tani Ternak Nawa Jalalingga Batur Utara, Kintamani, Kelompok Tani Sejati, Songan B, Kintamani, Kelompok Tani Guna Arta, Abangsongan Kintamani, dan Kelompok Tani Bukit Asah Batur, Batur Tengah, Kintamani.

Menurut Wayan Darmayuda, bantuan ini lewat aspirasi anggota DPR RI. “Masing-masing kelompok mendapat bantuan Rp 200 juta,” jelasnya. Dana yang disalurkan dimanfaatkan untuk pembangunan kandang ternak komunal, pembanguan rumah kompos, pengadaan kendaraan angkut roda tiga, dan pengadaan alat pengolahan pupuk organik serta pengadaan bibit sapi 8 ekor. Dana langsung masuk ke rekening kelompok. “Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan sapi Bali dan pengembangan pupuk organik menuju Bali Organik,” imbuhnya. *esa

loading...

Komentar