nusabali

Evakuasi Dua Truk Selama 10 Jam

  • www.nusabali.com-evakuasi-dua-truk-selama-10-jam

AMLAPURA, NusaBali
Evakuasi dua unit truk dari KMP Dharma Rucitra 3 yang kandas di Dermaga II Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, memerlukan waktu 10 jam, Jumat (26/6).

Lambatnya evakuasi kendaraan yang terjebak di dalam kapal karena terhalang ombak pantai. Sebanyak 20 penyelam mengalami kesulitan mengeluarkan kendaraan dan menggiring ke bibir dermaga.


Dua buah kendaraan yang berhasil dievakuasi selama 10 jam yakni truk sedang DK 8133 VA dan satu unit tronton yang nomor polisinya telah lepas. Evakuasi kendaraan dilakukan dari pukul 08.00 Wita hingga 18.00 Wita. Mobil crane yang digunakan mengangkat kendaraan dari permukaan laut kesulitan mengaitkan tali kapal pengikat kendaraan dengan jangkar di tali seling karena kerasnya goyangan air laut. Evakuasi satu unit kendaraan mulai menurunkan dari dek kapal hingga diangkat menggunakan tali seling mobil crane memerlukan waktu sekitar 4 jam. Ada 13 mobil dan 7 sepeda motor masih terjebak dalam kapal.

Sejak Senin (22/6), hanya berhasil mengevakuasi 11 kendaraan roda empat dan 2 sepeda motor. Seluruh kendaraan yang dievakuasi telah diangkut bengkel untuk diperbaiki. Rata-rata kendaraan roda empat yang berhasil dievakuasi bagian depannya ringsek dan bodynya penyok. Bahkan pelapis mobil box yang berhasil dievakuasi terkelupas. Paling berat mengevakuasi tronton, sampai tali seling melengkung nyaris mobil crane yang ditarik ke laut karena berat.

Kepala Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, mengakui sulitnya melakukan evakuasi karena cuaca di laut kurang bersahabat. “Ombak pantai memang menyulitkan, bukan saja evakuasi kendaraan, juga saat kapal melakukan bongkar muat di dermaga I,” kata Ni Luh Putu Eka Suyasmin. Dikatakan, selama empat hari bekerja berhasil mengeluarkan 11 roda empat dan 2 sepeda motor. Jika cuaca normal, bisa lebih banyak mengeluarkan kendaraan dari dek kapal.

Tahapan evakuasi cukup panjang. Petugas mesti menyelam di dek kapal untuk pasang tali kapal di badan kendaraan agar mudah diangkat menggunakan mobil crane. Setelah kendaraan diikat tali kapal di empat sudut maka dilayarkan ditarik menggunakan rubber boat dan diisi pelampung menuju Dermaga II. Dari Dermaga II itulah kendaraan diangkat menggunakan mobil crane, bagian tali kendaraan disangket jangkar kemudian dipindah ke darat. Selama evakuasi dikoordinasikan Manager PT Three D Diving Jakarta, Abdul Holik. Target evakuasi selama 21 hari. *k16

loading...

Komentar