nusabali

Tiga Tenaga Medis di Karangasem Terpapar Covid-19

  • www.nusabali.com-tiga-tenaga-medis-di-karangasem-terpapar-covid-19

AMLAPURA, NusaBali
Pertama kali terjadi di Karangasem petugas medis dinyatakan positif Covid-19, yakni 2 perawat dan 1 bidan di Kecamatan Kubu dan Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (26/6).

Tiga tenaga medis ini bagian dari lima orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Karangasem per Jumat kemarin. Kepastian lima kasus positif ini dari hasil tes swab PCR (polymerase chain reaction) yang dilakukan pada, Selasa (23/6) lalu di RSUD Karangasem. Kelimanya merupakan kasus transmisi lokal.

Koordinator Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karangasem yang juga Kadis Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, ditemui di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Jumat kemarin mengatakan ketiga petugas medis itu bekerja di sebuah klinik di Kecamatan Kubu dan Kecamatan Abang. Mereka sebelumnya menjalani rapid test dinyatakan reaktif, berlanjut tes swab PCR dan hasilnya positif. Saat ini mereka telah menjalani perawatan lebih lanjut di Bapelkes Denpasar.

Disebutkan kedua perawat itu masing-masing berjenis kelamin laki-laki umur 30 tahun merupakan transmisi lokal asal Desa Ababi, Kecamatan Abang, setelah dilakukan tracking menemukan 3 orang yang kontak erat dengan perawat itu.

Satu lagi perawat berjenis kelamin perempuan, umur 28 tahun, dari Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, setelah dilakukan tracking hanya menemukan 2 orang yang kontak erat. Sedangkan seorang bidan berjenis kelamin perempuan, umur 27 tahun dari Desa Sukadana, Kecamatan Kubu juga telah dilakukan tracking menemukan 15 orang yang kontak erat dengan bidan itu mulai dari keluarganya, pasien yang ditangani dan orang dekatnya.

Sedangkan dua lagi yang dinyatakan positif Covid-19, berjenis kelamin laki-laki umur 18 tahun, bekerja sebagai sopir fasilitas kesehatan dari Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem telah dilakukan tracking menyasar 4 orang.

Satu lagi adalah berjenis kelamin perempuan umur 40 tahun dari Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, bekerja sebagai petugas cleaning service di sebuah klinik telah dilakukan tracking menyasar 4 orang. "Rapid test hasil tracking itu dilakukan di RSUD Karangasem, Sabtu (27/6)," jelas Gusti Bagus Putra Pertama.

Dia mengingatkan masyarakat agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama dalam hal memakai masker, hindari kontak fisik dengan menjaga jarak dan selalu cuci tangan setiap saat. "Agar selalu berperilaku hidup bersih dan sehat," jelas Gusti Bagus Putra Pertama.

Dengan adanya penambahan 5 pasien positif Covid-19, saat ini yang menjalani perawatan sebanyak 18 pasien, karena ada sembuh 4 pasien, yang sebelumnya 17 positif. Sedangkan akumulasi positif terkonfirmasi di Karangasem sebanyak 51 orang, sembuh 33 orang, masih menjalani perawatan 18 pasien. *k16

loading...

Komentar