nusabali

5 Rumdis TNI di Komplek Sudirman Terbakar

1 Unit Mobil dan 1 Motor Ikut Diamuk Si Jago Merah

  • www.nusabali.com-5-rumdis-tni-di-komplek-sudirman-terbakar

Api pertama kali muncul dari rumah nomor 38 kemudian merembet ke 4 rumah lainnya yakni nomor 40, 42, 44 dan 46.

DENPASAR, NusaBali

Kebakaran hebat melanda 5 unit rumah dinas (rumdis) TNI AD Asrama Sudirman Kodam IX/Udayana, Jalan Karya Bakti I RT 07, Lingkungan Chandra, Desa Dauh Puri, Kecamatan Denpasar Barat, pada Jumat (26/6) sekitar pukul 12.30 Wita. Kebakaran tersebut diduga terjadi akibat korsleting listrik pada rumah nomor 38.

Bermula dari percikan api pada saklar listrik di rumah tersebut, api dengan cepat membesar. Diperparah angin cukup kencang bertiup dari barat ke timur. Akibatnya, kobaran api menghanguskan 4 unit rumah lainnya yang berdempetan jejer dari barat ke timur.

Informasi dari salah seorang saksi di TKP, Ni Nyoman Wirta, pada saat itu, saksi berada di teras rumahnya sedang menyuapi sang cucu makan. Saat itu, ibu rumah tangga ini melihat api di rumah nomor 38 (tetangga). Dia pun berteriak minta tolong. Namun saat itu tidak banyak orang di TKP. Rata-rata yang ada hanya ibu-ibu.

“Saat api masih kecil saya berteriak minta tolong. Setelah itu terjadi ledakan dan api terlihat mengalir dari kabel seperti kembang api.  Sempat pemilik rumah keluar mematikan sekring. Tapi api sudah menjalar ke rumah sebelah dan membesar dan sulit dipadamkan secara manual,” tutur Ni Nyoman Wirta.

Sementara salah seorang saksi lainnya mengatakan, pada awal terjadi kebakaran sebagian besar penghuni sedang tidak ada di rumah. Ada yang sedang berdinas dan ada pula yang mengikuti sholat Jumat di Masjid Nurullah Denpasar yang berada tak jauh dari TKP. “Pada saat itu kami semua panik. Kami tidak berupaya memadamkan api, tapi malah sibuk mengeluarkan barang-barang dari dalam rumah. Seketika apinya membesar. Ditambah angin cukup kencang,” tutur salah seorang saksi yang enggan menyebutkan namanya.

Terpisah Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G mengatakan, kebakaran yang terjadi Asrama Sudirman Kodam IX/Udayana kemarin diduga akibat korsleting listrik pada rumah nomor 38. Sementara 4 rumah lainnya yang ikut ludes adalah rumah nomor 40, 42, 44 dan 46. Untungnya dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

Sementara kerugian harta benda, ungkap Kapendam, masih dilakukan pengecekan secara intensif. Yang pasti, kata dia, dalam peristiwa terdapat satu unit kendaraan roda 4 jenis sedan dan satu unit sepada motor. Kedua kendaaran itu ikut ludes karena saat kejadian sedang terparkir di depan rumah lokasi kejadian. “Kami masih melakukan penyelidikan. Keterangan sementara dari istri pemilik rumah nomor 38 pada saat itu hendak mandi. Tiba-tiba listrik mati. Dia ke luar rumah untuk mengecek saklar. Pada saat bersamaan dia mendengar teriakan kebakaran. Api saat itu sudah sampai ke plafon rumah,” tutur Kolonel Jonny.

Sementara Kasubbag Humas Polresta Denpasar, Iptu Ketut Sukadi mengungkapkan keterangan senada. Dia menambahkan, kebakaran itu berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran pada pukul  14.15 Wita. “Api dijinakkan oleh 7 unit mobil damkar dari dari BPBD Kota Denpasa,  2 unit Damkar dari Badung, dan 1 unit Watercanon dari Polda Bali,” tandas Iptu Ketut Sukadi. *pol

loading...

Komentar