nusabali

Pasar Galiran Kembali Dibuka

  • www.nusabali.com-pasar-galiran-kembali-dibuka

SEMARAPURA, NusaBali
Setelah ditutup selama tiga hari, akhirnya Pasar Umum Galiran, di Kelurahan Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, dibuka kembali Kamis (25/6) pagi.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, langsung turun ke Pasar Galiran sekitar pukul 06.00 Wita. Bupati mengawali dengan memantau arah pintu masuk pasar di sisi barat, kemudian mengawasi para pedagang maupun pembeli untuk terus menjaga protokol kesehatan dengan baik terutama pemakaian masker yang benar.

"Dari pantauan di lapangan masih ada para pedagang yang kita pulangkan karena belum memiliki surat keterangan rapid test, maka dari itu sudah saya imbau untuk ke terminal mengambil nomor agar mengikuti rapid test di GOR Swecapura," ujar Bupati Suwirta.

Selama pasar ini ditutup sudah dibersihkan, sehingga para pedagang dan pembeli diminta agar menjaga protokol kesehatan maupun kebersihan pasar ini dengan sebaik-baiknya sebagai upaya kita untuk memutus penyebaran Covid-19. Ketika itu Bupati Suwirta juga didampingi Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, dan lainnya.

Sehari sebelumnya, Pemkab Klungkung juga sudah menggelar upacara prayascita di Pasar Galiran, Klungkung, Buda Umanis Dukut, Rabu (24/6) malam. Langkah ini merupakan upaya pembersihan baik sekala maupun niskala. Langkah ini diharapkan agar dapat memutus penyebaran Covid-19.

Upacara diawali dengan menghaturkan banten pejati di sejumlah pelinggih di areal pasar kemudian prayascita pada lingkungan pasar.

Upacara dihadiri Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klungkung. Dilanjutkan persembahyangan bersama di Pura Melanting Pasar Galiran.

Sebelumnya, untuk memohon kesehatan dan penyebaran pandemi Covid-19 atau Corona segera berakhir, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta, didampingi Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, Putu Widiada, dan Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung, I Wayan Sumarta, menggelar persembahyangan di beberapa pura, di Kabupaten Klungkung, pada Anggarkasih Dukut, Selasa (23/6).

Persembahyangan dilaksanakan di empat kecamatan, di antaranya untuk Kecamatan Dawan, di Pura Kahyangan Jagat Goa Lawah, untuk Kecamatan Klungkung di Pura Kahyangan Jagat Pura Watu Klotok dan Pemedal Agung, untuk di Kecamatan Banjarangkan di Pura Kahyangan Jagat Kentel Gumi dan untuk di Nusa Penida di Pura Penataran Agung Ped. *wan

loading...

Komentar