nusabali

Evakuasi Kendaraan Terganggu Ombak Pantai

  • www.nusabali.com-evakuasi-kendaraan-terganggu-ombak-pantai

AMLAPURA, NusaBali
Evakuasi kendaraan dari dek KMP Dharma Rucitra 3 di hari kedua terganggu ombak pantai.

Selama 11 jam, hanya mampu mengevakuasi 2 kendaraan di Dermaga II Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (24/6). Dua puluh penyelam dilibatkan untuk melakukan evakuasi.

Manajer PT Three D Diving Jakarta Abdul Holik didampingi Mandor Ipe mengalami kesulitan menurunkan kendaraan dari dek kapal hingga menggiring ke Dermaga II menggunakan pelampung. Sebab dari awal digoyang ombak pantai, sehingga konsentrasi terganggu. Sebanyak 20 penyelam berbagi tugas dalam beberapa tahapan evakuasi kendaraan. Tahapan mulai dek kapal dengan mengikatkan tali kapal di dalam kendaraan, selanjutnya kendaraan diturunkan dari dek kapal, dilayarkan dengan pelampung menuju Dermaga II.

Setiba di Dermaga II, ada penyelam mengawasi untuk menyangkutkan tali seling (wire) yang diarahkan mobil crane ke dalam tali pengikat kendaraan. Selanjutnya tali seling mengangkat kendaraan ke darat. Akibat gangguan ombak pantai, target awal selama 11 jam mengevakuasi 5 kendaraan, hanya mampu mengevakuasi 2 kendaraan. Truk besar merah SP Trans L 9329 UK dan mobil box putih B 9225 VX yang berhasil dievakuasi. Sehari sebelumnya, Selasa (23/6) mampu mengevakuasi lima kendaraan. “Ada ombak pantai, evakuasi terhambat, saya kedinginan menyelam dari pagi hingga sore,” jelas Nanang Priadi, salah seorang penyelam yang ikut mengevakuasi kendaraan dari KMP Dharma Rucitra 3.

Nanang Supriadi mengatakan, setiap pergerakan dilakukan di air digoyang ombak pantai. Sebelum mengevakuasi kendaraan, mesti menurunkan semua muatan yang ada di kendaraan sehingga saat evakuasi kendaraan jadi ringan. Muatan yang diturunkan berupa jagung sekitar 20 ton. Petugas dari Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai I Ketut Parwata memantau di lokasi. Berharap evakuasi kendaraan lebih cepat agar Dermaga II bisa dioperasikan kembali untuk menghindari terjadi antrean sejak Sabtu (13/6).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol I Wayan Suberata juga hadir bersama anggotanya. Pihak PT Three D Diving menargetkan tuntas melakukan evakuasi selama 21 hari. Khusus untuk mengevakuasi kendaraan ditarget tuntas dalam waktu 5 hari. Tetapi cuaca menghambat sehingga evakuasi bisa molor Ada 3 unit truk sedang, 3 unit kendaraan kecil, 8 unit tronton, dan 5 sepeda motor terjebak dalam kapal. KMP Dharma Rucitra 3 kandas Jumat (12/6) sekitar pukul 21.50 Wita karena lambung kiri bocor *k16

Komentar