nusabali

Hari Ini, Pasar Galiran Dibuka Kembali

  • www.nusabali.com-hari-ini-pasar-galiran-dibuka-kembali

Pedagang yang akan masuk pasar akan diperiksa terlebih dahulu.

SEMARAPURA, NusaBali

Setelah ditutup selama tiga hari, Pasar Galiran di Kelurahan Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, mulai beroperasi pada Kamis (25/6) ini. Jam operasional pasar akan dibuka 12 jam, dari pukul 06.00 Wita - 18.00 Wita. Sebelumnya, pasar ini dibuka 8 jam, dari pukul 07.00 Wita -17.00 Wita.

Dengan perpanjangan jam operasional pasar, maka pedagang dan pembeli lebih leluasa bertransaksi. Langkah ini juga dapat mengurangi kerumunan. Pantauan di lapangan, selama tiga hari ditutup, kondisi pasar disterilisasi menggunakan cairan disinfektan, termasuk menyiapkan sejumlah tempat cuci tangan dan sarana pendukung. Pembersihan Pasar Galiran hari terakhir kemarin, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta turut menyemprotkan disinfektan. Dia didampingi Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Wayan Ardiasa dan Kepala UPT Pasar Komang Sugianta.

Bupati Suwirta memastikan semua fasilitas telah lengkap sebelum nantinya pasar kembali dibuka. "Ketika pasar dibuka kembali besok (Kamis ini, Red), jam buka pasar akan menjadi 12 jam yakni dari pukul 06.00 Wita –18.00 Wita," ujar Bupati Suwirta.

Setelah dibuka nanti, para pedagang dan tukang suun yang sebelumnya telah mengikuti rapid test wajib membawa/menunjukkan hasil rapid yang dinyatakan negatif. Apabila mereka tidak membawa hasil rapid test, maka tidak akan diizinkan masuk ke Pasar Galiran. "Kami sudah siapkan penjagaan ketat pada empat titik pintu masuk pasar, nanti pedagang yang akan masuk pasar akan diperiksa terlebih dahulu," tegas Bupati Suwirta.

Semua pedagang, tukang suun maupun pengunjung pasar wajib mengikuti protokol kesehatan untuk memutus penyebaran Covid-19. Selain itu, Bupati Suwirta juga mengapresiasi kinerja petugas yang selama tiga hari ini bekerja keras membersihkan pasar dan sterilisasi dengan penyemprotan cairan desinfektan. "Mari tetap jaga kebersihan dan ikuti protokol kesehatan dengan baik," harapnya. *wan

Komentar