nusabali

Tersisa 1 Pasien PMI, 3 Kasus Transmisi Lokal dan Luar Daerah

Perkembangan Pasien Covid-19 di Jembrana

  • www.nusabali.com-tersisa-1-pasien-pmi-3-kasus-transmisi-lokal-dan-luar-daerah

NEGARA, NusaBali
Angka kesembuhan pasien positif Covid-19 Jembrana kembali bertambah 2 orang per Rabu (24/6).

Dari total 31 pasien positif Covid-19, kini tercatat sudah ada 27 pasien yang telah dinyatakan sembuh, dan tersisa 4 pasien yang masih dirawat. Dari 4 pasien yang masih dirawat itu, hanya satu pasien yang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Sedangkan 3 pasien lainnya, 2 pasien kasus transmisi lokal dan 1 pasien kasus transmisi luar daerah.

Kepulangan dua pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh di RSUD Negara, Rabu kemarin, dilepas oleh Bupati Jembrana I Putu Artha. Bupati Artha menyatakan sangat bersyukur atas bertambahnya kesembuhan pasien Covid-19. “Semoga kesembuhan ini bisa memotivasi pasien lainnya yang masih menjalani perawatan. Tidak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim medis yang terus berjuang untuk menyembuhkan pasien,” ucapnya.

Meski sudah banyak pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, bupati asal Desa/Kecamatan Melaya, ini tetap mengingatkan untuk waspada. Terutama mewaspadai trend kasus transmisi lokal yang belakangan semakin meningkat. Caranya, tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. “Kita sama-sama berjuang agar wabah Covid-19 bisa cepat teratasi. Tetapi ikuti protokol kesehatan. Jangan lengah,” tandas Bupati Artha yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jembrana.

Sementara Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, mengatakan 2 orang pasien sembuh dipulangkan RSUD Negara itu adalah seorang PMI dan seorang pasien kasus transmisi lokal. PMI tersebut merupakan warga Desa/Kecamatan Pekutatan. Sedangkan satu pasien yang juga dinyatakan sembuh kemarin, adalah seorang ibu rumah tangga (IRT) dari Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo.

“Kemarin (Selasa), kami juga mendapat konfirmasi, kalau PMI positif Covid-19 dari Jembrana yang dirawat di Bapelkesmas Bali juga sudah dinyatakan sembuh. Jadi hari ini dan kemarin, ada tambahan 3 pasien positif Covid-19 yang sembuh. Dan sekarang masih tersisa 4 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat,” ucap Arisantha.

Arisantha menjelaskan, 4 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat itu, 3 orang dirawat di RSU Negara dan 1 orang dirawat di RS PTN Unud (Jimbaran, Kuta Selatan, Badung). Ketiga pasien positif yang masih dirawat di RSU Negara itu adalah seorang PMI dari Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, seorang pasien kasus transmisi lokal yang seorang lansia dari Desa Berangbang, Kecamatan Negara, dan seorang pasien kasus transmisi luar daerah yang seorang sopir truk dari Desa Tegal Badeng Timur, Kecamatan Negara. Sedangkan 1 pasien yang di RS PTN Unud, adalah pasien kasus transmisi lokal pertama di Jembrana, yakni seorang IRT dari Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

Di samping 4 pasien positif Covid-19, menurut Arisantha, juga ada salah satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat di RSUD Negara. PDP tersebut adalah seorang sopir truk dari Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, yang terdeteksi reaktif saat mencari layanan rapid test di Puskesmas I Mendoyo pada Selasa (23/6). “Secara kumulatif untuk PDP, kini tercatat 31 orang. Dari 31 PDP itu, 29 PDP sembuh atau negatif Covid-19, 1 PDP yang meninggal dunia di RSUP Sanglah, Denpasar, dengan hasil tes swab negatif Covid-19, dan 1 PDP masih dirawat di RSUD Negara,” ucap Arisantha. *ode

Komentar