nusabali

Desa Abuan Tambah Dua Positif Covid-19

  • www.nusabali.com-desa-abuan-tambah-dua-positif-covid-19

Dinas Sosial Bangli menyalurkan bantuan logistik untuk warga yang menjalani karantina di Desa Abuan.

BANGLI, NusaBali
Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bangli kembali bertambah. Dua orang di Banjar Abuan Kangin, Desa Abuan, Kecamatan Susut terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka tinggal dalam satu pekarangan rumah. Dengan adanya dua tambahan kasus baru ini, maka total 16 orang dalam satu pekarangan rumah di Banjar Abuan Kangin dinyatakan terpapar virus corona.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Bangli, I Wayan Dirgayusa, mengatakan ada 16 orang diuji swab di pekarangan tersebut. Pada tanggal 22 Juni 2020, sebanyak 14 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Terdiri dari 7 laki-laki dan 7 perempuan. Usia terendah yang laki-laki adalah 9 tahun dan tertua umur 90 tahun. Sedangkan usia terendah yang perempuan 19 tahun dan tertinggi usia 80 tahun. Mereka diketahui tertular dari seorang tenaga medis yang sudah lebih dulu terpapar. Petugas medis tersebut kesehariannya bekerja di salah satu rumah sakit swasta di kawasan Gianyar. “Hari ini keluar hasil untuk dua orang. Keduanya dinyatakan positif Covid-19,” jelas Wayan Dirgayusa, Rabu (24/6).

Dengan adanya tambahan dua kasus transmisi lokal di Banjar Abuan Kangin, maka akan dilakukan tracing kembali di wilayah tersebut. “Besok dilakukan tracing untuk dua kasus ini,” tegasnya. Dua warga yang dinyatakan positif Covid-19 ini dikarantina di hotel yang telah disiapkan pemerintah. Sementara uji swab terhadap 8 orang warga Banjar Abuan Kangin lainnya masih menunggu hasil. “Dari 141 yang dirapid test, hasilnya 8 orang reaktif. Uji swab dilakukan hari ini (Rabu) di RSU Bangli. Hasil belum turun," terangnya.

Bangli menjadi daerah terparah ketiga di Bali terpapar Covid-19, setelah Kota Denpasar (366 kasus) dan Kabupaten Badung (141 kasus). Bangli menyalip Kabupaten Buleleng yang turun satu tingkat dengan total 121 kasus positif. Pasca rapid test terhadap ratusan warga, Dinas Sosial Bangli mulai menyalurkan bantuan logistik. Bantuan logistik diserahkan melalui desa selanjutnya disalurkan kepada warga yang menjalani karantina. Penyaluran logistik dilakukan di Desa Abuan dan Desa Sekardadi, Kecamatan Kintamani. *esa

Komentar