nusabali

Guru SMPN Amlapura Tanam Sayur di Atas Beton

  • www.nusabali.com-guru-smpn-amlapura-tanam-sayur-di-atas-beton

AMLAPURA, NusaBali
Guru Matematika SMPN 1 Amlapura, Ni Made Sugandiani, menanam sayur bayam, pokcai, terong, dan cabe di atas beton menggunakan polybag.

Setelah 30 hari, sudah mulai panen. Untuk konsumsi keluarga sudah lebih dari cukup, hasil panen pun ditawarkan bagi yang berminat. Sugandiani awalnya mendapatkan beragam bibit secara cuma-cuma dari rekannya yang bertugas di Dinas Pertanian Karangasem. Guru matematika ini memanfaatkan ruang kosong di tangga dan lantai II yang lapang. Bibit terong sebanyak 30 polybag dan bibit tomat sebanyak 10 polybag ditempatkan di tangga menuju lantai II. Sedangkan sayur pokcai sebanyak 30 polybag, cabe sebanyak 25 polybag, dan dua terong ditempatkan di lantai II berukuran 6 meter x 8 meter. “Setelah 30 hari sudah bisa panen,” ungkap Sugandiani saat ditemui di rumahnya, Jalan Ahmad Yani 88x Lingkungan Galiran, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Selasa (23/6).

Tanaman sayur itu tumbuh subur dengan menggunakan pupuk organik. Pemupukan dan menyiram tanaman dibantu kedua anak-anaknya, I Gede Oka Sudiatmika SKom dan Ni Nengah Dwi Candra Kusumagandi. “Sampai kelebihan produksi untuk keperluan rumah tangga. Bagi yang berminat saya persilakan petik sayur, cabe, dan terong secara gratis,” kata Sugandiani. Dia mengaku tidak menyangka tanamannya bisa tumbuh subur secepat itu. Hanya bermodal tanah dalam polybag dan pupuk organik mampu menghasilkan sayur, cabe, dan terong berlimpah.

Menurutnya, ciri-ciri tanaman hortikultura menggunakan pupuk organik yakni ada beberapa daun dimakan ulat. Sedangkan yang menggunakan pupuk kimia, seluruh daunnya tidak ada yang cacat karena dijauhi hama. Dr I Wayan Bagiartha SH MH, suami Sugandiani, mengaku tak menyangka, menanam hortikultura di atas beton hanya dengan media polybag bisa menghasilkan tanaman yang subur. “Lumayan untuk kebutuhan sehari-hari. Sayur, terong, dan cabe tidak perlu beli. Tanaman alami menggunakan pupuk organik,” ungkap I Wayan Bagiartha yang pengacara senior.

Terpisah, penghuni BTN Taman Asri, Jalan Sudirman Amlapura, Ni Komang Juliani, juga menanam cabe dan tomat menggunakan polybag. Dapat bantuan bibit dari Dinas Pertanian. “Saya baru dua minggu tanam cabe dan tomat menggunakan 30 polybag ditaruh di lantai yang telah dipaving. Lumayan tumbuh subur karena cukup sinar,” kata Ni Komang Juliani. Kadis Pertanian Karangasem I Wayan Supandi, mengatakan membagikan 10.000 bibit cabe, 5.000 bibit terong, 1000 gram bibit sawi, dan 2.000 gram bibit bayam dikemas dalam 1.000 paket secara gratis untuk dikembangkan di rumah tangga. *k16

loading...

Komentar