nusabali

Jalan Penulisan-Pinggan Diperbaiki

  • www.nusabali.com-jalan-penulisan-pinggan-diperbaiki

BANGLI, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli melakukan perbaikan di jalan jurusan Penulisan-Pinggan, Kecamatan Kintamani, Senin (22/6).

Padahal jalan ini baru saja diperbaiki, namun telah terjadi kerusakan di beberapa titik. Perbaikan dilakukan oleh rekanan karena masih punya tanggungjawab selama 6 bulan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli, I Wayan Lega Suprapto, mengakui terjadi kerusakan di jalan Penulisan-Pinggan, padahal perbaikan masih baru. Di beberapa titik badan jalan mengalami bleeding. Kontraktor dari PT Pramana Arta Raharja sudah turun melakukan perbaikan. “Pekerjaan masih menjadi tanggung jawab pihak rekanan, untuk masa pemeliharaan jalan selama 6 bulan. Kini kondisi jalan sudah bagus,” jelas Wayan Lega, Senin (22/6).

Dijelaskan, kerusakan jenis kegemukan (bleeding) disebabkan sebagian atau seluruh agregat dalam campuran terselimuti aspal tebal, akibat dari kelebihan prosentase aspal di dalam campuran. Untuk mencari penyebab lain perlu dilakukan percobaan di laboratorium. Kerusakan jalan aspal juga disebabkan faktor lainnya, seperti banyaknya kendaraan berat (truk) yang lalu lalang. Beban kendaraan yang berat mengakibatkan setiap lapisan perkerasan terjadi regangan hingga muncul retakan serta deformasi. “Jika dibiarkan, maka saat turun hujan, air akan masuk ke dalam retakan dan mengubah retakan menjadi lubang,” jelasnya.

Wayan Lega menambahkan, ruas jalan Penulisan tembus Pinggan selesai dikerjakan pada bulan Desember tahun 2019. Selain pengaspalan badan jalan juga dibuat bangunan pelengkap. Ada pula pengerjaan di luar kontrak yakni pemangkasan tebing. “Kegiatan menghabiskan anggaran Rp 10 milar lebih,” imbuhnya. *esa

Komentar