nusabali

Liga 1 Lanjut Mainkan Pekan Keempat

  • www.nusabali.com-liga-1-lanjut-mainkan-pekan-keempat

JAKARTA, NusaBali
PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengindikasikan Liga 1 2020 akan mulai lanjut dengan memainkan laga pekan keempat pada awal Oktober.

Jadi bukan kompetisi baru dan meneruskan sebelumnya. PT LIB pun berharap klub dan pemain punya waktu cukup untuk bersiap.

Hal itu diungkapkan PT LIB yang merespons keputusan PSSI tentang kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020. Namun PSSI tak menyebut kapan dan format kompetisi seperti apa saat dilanjutkan.

Menurut Direktur Operasional PT LIB Sudjarno, soal format kompetisi kemungkinan bakal tetap sama seperti awal. Kompetisi nanti berstatus dilanjutkan dengan pekan ke-4. Pasalnya, Liga 1 baru memainkan tiga pekan saat terhenti pada medio Maret lalu.

"Kalau formatnya, Liga 1 rencananya kami akan melanjutkan week yang berjalan, kemudian dimulai pekan keempat sampai ke-34, itu yang kami rencanakan," tutur Sudjarno.

Menurutnya, juga akan ada banyak perubahan regulasi mengingat kompetisi bakal berjalan beriringan dengan kegiatan Timnas Indonesia dan disesuaikan dengan kondisi new normal.

"Kelihatannya, opsinya tanpa penonton. Nanti juga akan ada perubahan regulasi untuk menyesuaikan new normal. Apalagi paralel. Kompetisi berjalan, Timnas Indonesia juga berjalan," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, kepada Bola.com.

Menurutnya, sisa 31 pekan Liga 1 2020 akan dibabat habis dalam lima bulan. Artinya, kompetisi bakal berakhir pada Februari 2021.

"Regulasinya sedang kami susun, bersama-sama PT LIB dengan PSSI. Termasuk regulasi penghapusan degradasi," jelas Sudjarno.

Sudjarno menerangkan, ada peluang peserta Liga 1 2020 bertambah pada musim depan dengan penghapusan degradasi di tahun ini. Namun dengan resiko, jatah promosi Liga 2 dikurangi dari tiga tiket menjadi dua slot.

"Kalau misalnya nanti ada regulasi baru. Misalnya Liga 2 menjadi dua tim yang promosi, berarti Liga 1 musim depan ada 20 tim," kata Sudjarno.

Sudjarno menambahkan, kemungkinan perubahan regulasi tersebut harus disahkan dalam Kongres tahunan PSSI. Hal itu juga harus diatur lagi di Kongres PSSI nanti.*

Komentar