nusabali

Kini Ada 113 Orang PMI Jalani Karantina di 6 Hotel di Jembrana

  • www.nusabali.com-kini-ada-113-orang-pmi-jalani-karantina-di-6-hotel-di-jembrana

NEGARA, NusaBali
Kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Jembrana  kembali terjadi.

Teranyar pada Sabtu Sabtu (20/6) malam dan Minggu (21/6) pagi, ada tambahan 44 orang PMI yang dikarantina Pemkab Jembrana. Secara kumulatif, kini ada 113 orang PMI yang masih dikarantina.

“Kepulangan PMI semakin meningkat. Tadi (Minggu kemarin) pagi datang 9 orang PMI. Malam kemarin (Sabtu malam) juga masuk 35 orang PMI,” ujar Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Minggu kemarin.

Dengan adanya tambahan 44 PMI tersebut, kata Arisantha, maka tercatat keseluruhan 588 PMI yang dikarantina Pemkab Jembrana. Dari total 588 PMI itu, 459 orang sudah menyelesaikan karantina, dan 113 orang masih karantina. Kemudian ada 16 orang PMI karantina yang terkonfirmasi positif Covid-19, dengan rincian 14 orang di antaranya telah sembuh, dan 2 orang masih dirawat di RSUD Negara.

Menurut Arisantha, 113 orang PMI yang masih dikarantina itu tersebar di enam hotel di seputaran kota Negara. Di antaranya, 32 orang di Hotel Jimbarwana, 19 orang di Hotel Jati, 13 orang di Hotel Bali Kwi, 14 orang di Hotel Ratu, 18 orang di Hotel Bali Sunset, serta 17 orang di Hotel Hapel.

“Sejak diberlakukan tes swab bagi PMI karantina, sebelumnya kami sudah lakukan tes swab terhadap 286 orang. Hasilnya, seperti diketahui, ada 15 orang yang positif Covid-19. Kemudian 1 lagi, yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 semasih diberlakukan rapid test,” tutur Arisantha.

Arisantha mengatakan, sesuai data yang diterima GTPP Covid-19 Jembrana dari Pemprov Bali, ada 602 warga Jembrana yang tercatat bekerja sebagai PMI. Namun, di luar data resmi itu, diyakini masih ada ada PMI lain. Meskipun tidak terdata secara resmi, setiap PMI  yang akan pulang ke Bali ataupun dipulangkan ke kabupaten di Bali, tetap akan menjalani pemeriksaan sesuai standar penanganan PMI yang tetapkan Pemprov Bali.

“Sementara, saya belum dapat informasi kembali, apakah ada jadwal pemulangan PMI lagi dalam waktu dekat ini. Tetapi kami yakin masih banyak PMI yang akan pulang. Setiap ada pemulangan ke kabupaten, juga selalu dikoordinasikan oleh provinsi,” ucap Arisantha. *ode

Komentar