nusabali

Sesari dan 19 Pucuk Bunga Emas di Pura Dalem Serokadan Dicuri

  • www.nusabali.com-sesari-dan-19-pucuk-bunga-emas-di-pura-dalem-serokadan-dicuri

BANGLI, NusaBali
Pencurian terjadi di Pura Dalem Serokadan, Desa Abuan, Kecamatan Susut, Bangli.

Pelaku pencurian mengambil sesari yang tersimpan dalam kotak, dan bunga emas yang tersimpan di gedong penyimpenan. Sementara pihak kepolisian masih mendalami kasus pencurian tersebut. Pasca kejadian tersebut Bupati Bangli I Made Gianyar bersama Camat Susut I Nyoman Sedana mendatangi lokasi kejadian, Sabtu (20/6).

Camat Susut Nyoman Sedana mengatakan peristiwa pencurian baru diketahui pada Sabtu pagi kemarin oleh pangemong pura. Hal tersebut diketahui ketika pangemong pura hendak masapuh-sapuh (membersihkan areal pura). “Jro mangku hendak masapuh-sapuh, didapati kondisi sudah berantakan,” ungkapnya.

Setelah dicek, ternyata sesari dalam kotak sudah raib. Namun tidak diketahui jumlah sesari yang hilang, lantaran pangempon tidak menghitungnya. Selain itu, bunga emas yang disimpan di gedong penyimpenan juga digondol maling. “Bunga emas yang hilang sebanyak 19 pucuk,” kata Nyoman Sedana, mantan Sekretaris Disdikpora Bangli.

Atas peristiwa tersebut, pangempon sudah melapor ke pihak berwajib. “Dari kepolisian masih melakukan penyelidikan. Memang di lokasi tidak ada CCTV yang bisa menjadi petunjuk,” imbuh Nyoman Sedana.

Disampaikan pula, jika hari biasanya dilakukan pakemitan di pura namun karena ada cuntaka maka tidak ada yang makemit. Kemungkinan itu yang dijadikan celah oleh pelaku pencurian untuk beraksi.

Nyoman Sedana menyebutkan, aparat kecamatan bersama TNI/Polri sudah menyampaikan imbauan agar dilakukan pakemitan di pura-pura sebagai langkah antisipasi terjadinya pencurian. “Kami sudah imbau masyarakat melalui bendesa agar bisa dilakukan pakemitan. Berkaca dari kasus pencurian di daerah lain,” tandasnya.

Di sisi lain, Kapolsek Susut AKP I Made Gede Widia Adnyana saat dikonfirmasi terkait peristiwa pencurian di Pura Dalem Serokadan, mengatakan bahwa kasus tersebut telah dilaporkan ke Polres Bangli. “Kasus dilaporkan ke Polres,” ujarnya. *esa

Komentar