nusabali

Jelang Pilkada, Partai NasDem Bali Bergolak

Kubu Gunastawa Vs Nopi Jayanti Buat Rapat Tandingan

  • www.nusabali.com-jelang-pilkada-partai-nasdem-bali-bergolak

DENPASAR, NusaBali
Partai NasDem Provinsi Bali bergolak menjelang penyegaran kepengurusan DPW dan DPD kabupaten dan kota se Provinsi Bali menindaklanjuti hasil Kongres Partai NasDem.

Dua kubu berseteru, yakni kubu Ketua DPW NasDem, Ida Bagus Oka Gunastawa, yang kini sudah menjadi Anggota Pemenangan Pemilu Wilayah Bali-NTB-NTT DPP Partai NasDem Vs Plt Ketua DPW NasDem Bali, Jeannette Sudjunadi, dengan Sekretaris DPW NasDem Bali, Luh Putu Nopi Seri Jayanti. Kedua kubu sama-sama membuat rapat untuk penyegaran kepengurusan di tempat berbeda, Minggu (21/6) hari ini. Yang membuat NasDem Bali makin memanas kubu Nopi Jayanti menuding rapat yang digelar kubu Oka Gunastawa adalah abal-abal, karena Oka Gunastawa sudah tidak lagi menjadi Ketua DPW Partai NasDem Bali.

Penelusuran NusaBali, Sabtu (20/6) siang rapat tandingan dua kubu yang bersitegang ini sama-sama diagendakan, Minggu (21/6) pukul 11.00 Wita siang ini. Diduga kedua kubu rebutan peserta untuk menunjukan legalitasnya di Provinsi Bali. Kubu DPW NasDem Bali di bawah Nopi Jayanti gelar rapat di Taman Jepun, Jalan Hayam Wuruk Denpasar. Sementara kubu Oka Gunastawa dengan agenda yang sama menggelar rapat di Rumah Makan Bendega, Jalan Tjokorda Agung Tresna Denpasar.

Sekretaris NasDem Bali, Nopi Seri Jayanti, dihubungi NusaBali, Sabtu kemarin mengatakan rapat digelar untuk penguatan kepengurusan NasDem Bali dan kabupaten/kota. Hal itu sebagai tindaklanjut Kongres Partai NasDem II dan mengacu peraturan Partai NasDem Nomor 1 Tahun 2020. "Yang ada itu rapat koordinasi wilayah NasDem Bali dengan Plt Ketua Ibu Jannet (Jeanette Sudjunadi). Kalau ada agenda yang sama di Bendega itu ya rapat abal-abal. Kita di Taman Jepun besok (hari ini) melakukan rapat koordinasi wilayah sesuai amanat Kongres NasDem dan kepengurusan yang sah. Saya sebagai Sekretaris DPW Bali masih sah," ujar perempuan yang juga advokat ini.

Nopi menegaskan kepemimpinan NasDem di Bali sudah berganti di mana Plt Ketua DPW NasDem dipegang Jeanette, karena Oka Gunastawa sudah ditarik ke DPP NasDem. "Saya masih pegang itu SK-nya Oka Gunastawa sebagai pengurus DPP NasDem. Janganlah dia (Oka Gunastawa) begitu. Katanya sudah lama berpolitik, masak gitu," ujar Nopi dengan nada meninggi.

Dalam surat undangan Rakor NasDem Bali di Taman Jepun yang diperoleh NusaBali, ditandatangani Sekretaris DPW Nopi Seri Jayanti dan Wakil Ketua Bidang OKK Deni Dian Varindra. Surat undangan itu ditembuskan kepada Ketua Umum DPP NasDem, Wakil Ketua Umum DPP NasDem, Sekretaris Jenderal DPP NasDem sampai ke Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Bali-NTB-NTT. Menurut Nopi Jayanti, rapat koordinasi mendesak karena NasDem akan mengikuti Pilkada serentak 9 Desember 2020.

"Ini sudah mau dekat Pilkada maka harus solid kepengurusan kita," ujar Nopi Jayanti. Sementara Oka Gunastawa yang dikonfirmasi NusaBali soal posisinya sebagai Ketua DPW NasDem yang dimasalahkan mengatakan SK kepengurusan Partai NasDem Bali tidak ada berubah alias jabatan Ketua DPW Bali masih dipegangnya.

"Kata siapa? Nggak ada itu, masih SK lama kok," ujar politisi asal Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem ini. Ketika ditanya agenda rapat yang akan digelar di Taman Jepun, Denpasar oleh kubu Nopi Seri Jayanti menurut Oka Gunastawa tidak ada. "Besok (hari ini) yang ada itu di Rumah Makan Bendega. Kepengurusan DPW NasDem Bali masih tetap tidak ada perubahan. Kita rapat di Bendega besok (hari ini)," ujar mantan politisi senior di Partai Golkar Bali ini.

Data agenda rapat yang dikantongi NusaBali di Rumah Makan Bendega memang hanya surat undangan kepada kader. Siapa yang menandatangani tidak ada. Oka Gunastawa selaku Ketua DPW NasDem Bali pun tidak tercantum di dalam surat undangan itu. Dalam undangan itu agendanya sama rapat pleno diperluas. *nat

Komentar