nusabali

'Duta Genre' Provinsi Bali 2020 Segera Digelar

  • www.nusabali.com-duta-genre-provinsi-bali-2020-segera-digelar

DENPASAR, NusaBali
Minggu (14/6), menjadi penutup sesi pendaftaran para calon finalis Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi Bali 2020.

Pendaftaran yang dimulai sejak awal bulan Juni 2020 ini mencatat sebanyak 48 peserta yang merupakan tiga pasang perwakilan masing-masing kabupaten/kota di Bali. Memang, peserta yang mengikuti pemilihan Duta GenRe berasal dari perwakilan kabupaten/kota masing-masing dan bukan berdasarkan pendaftaran secara umum. 

Hal ini dilakukan dengan harapan agar ke depannya masing-masing kabupaten mengadakan pemilihan Duta GenRe di wilayahnya. “Yang sudah melakukan pemilihan dari tahun ke tahun adalah Denpasar dan juga Jembrana. Tapi tahun ini sudah nambah lagi, Klungkung dan juga Tabanan sudah mengadakan pemilihan tahun ini dan kita berharap tahun depan, semoga semua kabupaten mengadakan pemilihan Duta GenRe,” ungkap Ketua Forum GenRe Provinsi Bali, Gede Wahyu Adnyana, saat dihubungi NusaBali, Rabu (17/6).

Namun sayang, sebagai akibat dari situasi pandemi Covid-19, Kabupaten Bangli yang terkena zona merah penyebaran Covid-19 harus absen dari pemilihan Duta GenRe tahun ini. Sementara itu, Kamis (18/6) akan menjadi awal dari tantangan pertama yang akan berlangsung hingga 2 Juli 2020 mendatang. Tantangan berupa 14 Days Challenge ini akan menyeleksi para peserta menuju 10 besar. Dalam tantangan ini, para peserta membuat sebuah video edukasi yang bisa disiarkan ke kalangan remaja dengan tema yang sudah ditentukan per harinya. 

Barulah setelah itu akan dilaksanakan tes tulis virtual via Google Form bagi para peserta sebelum dewan juri mengumumkan 10 besar finalis Duta GenRe. Dan setelah itu para peserta akan memasuki masa pelatihan yang turut menilai para peserta dari segi keaktifan dan intelegensi. “Kita berikan virtual class, jadi ada tiga kelas virtual yang akan disampaikan oleh pakar-pakar kita, baik dari GenRe, dari motivator, dan public speaking,” jelas Wahyu Adnyana.

Beberapa tantangan lainnya akan akan ditemui peserta yakni tantangan membuat vlog untuk dibagikan ke laman media sosial masing-masing peserta, yang akan dilanjutkan dengan tes tulis untuk seleksi 5 besar Duta GenRe. Tak lupa, ada juga sesi photoshoot. Kesemua proses menuju lima besar ini, termasuk sesi pengambilan foto, dilaksakan secara virtual sehingga masih tetap memenuhi anjuran physical distancing. 

“Semua agendanya kita virtual, termasuk photoshoot. Jadi photoshootnya itu mereka akan foto sendiri-sendiri dengan tema dan keseragaman yang sudah kita buat, dengan aturan-aturan yang sudah kita buat, akan mereka kirimkan melalui email atau mungkin drivenya kita,” lanjutnya. 

Untuk babak final pemilihan Duta GenRe Provinsi Bali yang akan diselenggarkan pada 18 Juli 2020, acara akan digelar secara minimalis tentunya menerapkan standar protokol kesehatan. Babak Grand Final ini akan melibatkan kelima pasang finalis Duta GenRe, lima dewan juri, dan panitia yang jumlahnya juga dibatasi, yakni lima orang saja. “Dan tanpa undangan, tanpa supporter. Jadi nanti supporternya di online, jadi kita akan live IG, live YoutTube,” tandas Ketua Forun GenRe Provinsi Bali ini.*cr74

Komentar