nusabali

Luiz Blunder, Arsenal Digebuk City

Kontroversial Warnai Restart Premier League

  • www.nusabali.com-luiz-blunder-arsenal-digebuk-city

LONDON, NusaBali
Laga perdana restart Premier League Inggris musim 2019/2020 diwarnai keputusan kontroversial saat antara Aston Villa dan Sheffield United bermain imban 0-0, di Stadion Villa Park, Birmingham, Kamis (18/6) dinihari Wita. Laga berikutnya Manchester City mengalahkan Arsenal 3-0.

Kedua pertandingan itu penundaan laga pekan ke-28.  Insiden kontroversial terjadi tiga menit menjelang turun minum, ketika gelandang Sheffield, Oliver Norwood, mengeksekusi tendangan bebas menembus pertahanan Aston Villa. Kiper Villa Orjan Nyland menangkap bola, lalu bersenggolan dengan rekannya Keinan Davis, hingga berdiri melewati garis gawang.

Tayangan ulang memperlihatkan bola di pelukan Nyland sudah melewati garis gawang, tetapi teknologi garis gawang tak memberi notifikasi apapun di jam tangan wasit Michael Oliver. Asisten wasit video (VAR) juga sorotan atas banyak keputusan kontroversial.

Sedangkan di Etihad Stadium, tuan rumah Manchester City melibas Arsenal 3-0. Raheem Sterling, Kevin de Bruyne dan Phil Foden masing-masing menyumbangkan satu gol dalam kemenangan City.

Kemenangan itu membuat City tetap di posisi kedua dengan 60 poin. Sedangkan Arsenal (40) tertahan di urutan kesembilan dan harus bekerja keras untuk tembus empat besar berjarak 8 poin.

Tiga bulan beristirahat karena pandemi, City tak tampak mengendur dan langsung menggebrak sejak awal. Sebaliknya, Arsenal rapuh karena dalam 30 menit harus kehilangan dua pemain karena cedera, yakni Granit Xhaka dan Pablo Mari.

Kiper Arsenal Bern Leno banyak melakukan penyelamatan gemilang, diantaranya tembakan Kevin de Bruyne, David Silva, Riyad Mahrez dan Raheem Sterling. Namun penampilan gemilang Lebon dibuat tak bermakna oleh David Luiz, yang memasuki lapangan sejak menit ke-24 menggantikan Mari.

Luiz membuat kesalahan fatal, yang membuat Leno kebobolan. Paling fatal, Luiz menjatuhkan Mahrez di kotak terlarang yang berbuah hukuman penalti dan kartu merah bagi bek Brasil itu.

City selanjutnya menjamu Burnley pada Selasa (23/6)  dinihari Wita, dan Arsenal tandang ke markas Brighton & Hove Albion, Minggu (21/6) David Luiz sendiri mengakui dan menyalahkan dirinya sendiri atas kekalahan 0-3. "Ini kesalahan saya. Tim sudah bermain bagus, khususnya dengan 10 pemain. Pelatih sudah luar biasa, semua pemain luar biasa, tapi saya membuat kesalahan," kata Luiz, yang kontraknya akan habis akhir bulan ini.

Manajer The Gunners Mikel Arteta menyatakan Luiz pasrah dan menegaskan penampilannya tidak akan berdampak kepada keputusan apapun menyangkut masa depannya.

Arteta mengaku tidak bisa memikirkan kekalahan 0-3 dari City, karena harus fokus membuat starting lineup untuk laga berikutnya lawan Brighton. Arteta mengaku sengaja menyimpan Mesut Ozil sebagai bagian dari taktik permainan. *ant

Komentar