nusabali

Dinas Kesehatan Penjajakan Lahan Baru

Tidak Bisa Bangun Gedung Berlantai

  • www.nusabali.com-dinas-kesehatan-penjajakan-lahan-baru

BANGLI, NusaBali
Dinas Kesehatan Bangli tahun ini akan membaharui tiga unit puskesmas. Saat ini Dinas Kesehatan tengah melakukan penjajakan lahan baru untuk Puskesmas Bangli.

Sebab, hanya gedung Puskesmas Bangli di Desa Tamanbali yang belum berlantai.  Kepala Dinas Kesehatan Bangli, dr I Nengah Nadi, mengatakan hampir semua bangunan untuk gedung puskesmas di Bangli berlantai. Tahun ini tiga puskesmas yang diperbaharui yakni Puskesmas Tembuku II di Desa Yangapi, Puskesmas Kintamani VI di Desa Bayung Gede, dan Puskesmas Bangli Utara di Desa Pengotan. Akan tetapi masih ada satu puskesmas yang belum bisa dibuatkan gedung berlantai yakni Puskesmas Bangli di Desa Tamanbali. “Kami mengalami kendala terkait luas lahan dan juga keberadaan puskesmas dekat tempat suci dan situs sehingga tidak memungkinkan dibangun gedung berlantai," ungkap dr Nengah Nadi, Kamis (18/6).

Dijelaskan, dalam Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang puskesmas diatur secara mendetail terkait ketersediaan ruangan yang harus terpenuhi. Puskesmas Bangli cukup ramai dikunjungi masyarakat dan masih membutuhkan tambahan ruangan. Menurut dr Nengah Nadi, Dinas Kesehatan sedang melakukan penjajakan lahan baru untuk Puskesmas Bangli. Lokasinya harus mudah diakses masyarakat dan di wilayah Bangli selatan sehingga layanan kesehatan merata. Masyarakat tidak jauh ke kota untuk berobat. "Kepala Puskesmas Bangli sudah melakukan penjajakan lahan milik KUD Tamanbali. Idealnya luas lahan puskesmas 20 are,” jelasnya. *esa

loading...

Komentar