nusabali

Desa Ketewel Akan Bangun Pasar Ikan

  • www.nusabali.com-desa-ketewel-akan-bangun-pasar-ikan

GIANYAR, NusaBali
Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati, Gianyar, berencana membangun Pasar Ikan.

Pembangunan pasar ini karena desa yang berdampingan dengan pantai ini relatif strategis yakni dekat Kota Denpasar.

Pasar Ikan ini punya potensi untuk menjadi pengembangan potensi ekonomi desa.  Perbekel Ketewel I Putu Gede Widya Kusuma Negara SH mengatakan, Pasar Ikan yang akan dibangun diproyeksikan mirip seperti Pasar Kedonganan di Kecamatan Kuta Selatan, Badung. “Rencana pembangunan pasar ikan ini sudah disetujui Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra,” ungkapnya.

Dia memaparkan, selain ada pasar ikan, juga akan dibangun rumah makan khas ikan. “Ini untuk mengangkat wisata kuliner di pesisir. Lokasinya dekat Pura Dalem Ketewel, seperti di Pantai Lebih, Desa Lebih, Gianyar. Tapi kami di Ketewel punya ciri khas lawar gurita,” jelasnya.

Kata dia, pasar ikan dan kuliner Ketewel akan menjadi ciri khas Gianyar. “Biar, baru masuk pintu Gianyar, di Ketewel disambut pasar ikan dan kuliner,” terangnya. Diakui, konsep itu mirip Kedonganan yang berisi pasar hingga rumah makan ikan. “Persis kedonganan. Ada pasar ikan, langsung kuliner. Tapi kami di Ketewel juga ada Sport Center, karena lokasi ini dekat sport center kami,” jelasnya.

Apabila rencana itu rampung, dia memastikan pasar ikan akan ramai pengunjung. Karena selama ini, lokasi setempat memang di jalur ramai. ‘’Itu akan kami garap,” terangnya. Disamping itu, tambah Widya Kusuma, para nelayan Ketewel selama ini menjual hasil tangkapan ke pesisir Kecamatan Denpasar Timur dan ke Kedonganan. “Selama ini, nelayan Pantai Ketewel menjual ikannya ke Pantai Matahari Terbit, Denpasar Timur. Nanti kalau pasar ikan jadi, maunya bikin dermaga kecil untuk sandar, langsung dijual di Pasar Ikan Ketewel,” jelasnya.

Widya Kusuma menegaskan selama ini ikan tangkapan nelayan Ketewel diminati pedagang ikan maupun penggemar ikan. “Karena ikannya di sini lebih enak. Kalau digoreng nggak hancur. Beda sama ikan-ikan lain. Di sini segar dan sehat,” jelasnya seperti berpromosi. *nvi

Komentar