nusabali

SMP Silacandra Jadi SMPN 5 Sukawati

  • www.nusabali.com-smp-silacandra-jadi-smpn-5-sukawati

GIANYAR, NusaBali
SMP (swasta) Silacandra di Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar, kini berubah status menjadi SMP Negeri 5 Sukawati.

Dengan perubahan status ini, mekanisme penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 mengikuti sistem PPDB sekolah negeri. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra, Kamis (18/6). "Status negeri SMPN 5 Sukawati ini sudah ada SK Bupati," ujarnya.

Dikatakan, PPDB sekolah ini wajib memakai kuota zonasi, kuota prestasi, dan kuota KK tidak mampu, serta kerja sama lingkungan. "Karena statusnya sekolah negeri, ya mekanismenya wajib mengikuti sekolah negeri," ungkapnya.

Terkait status tenaga pendidikan, papar Sadra, masih dalam proses pengaturan. "Tenaga pendidik sedang proses pengaturan. Sementara ini, kami berdayakan pendidik PNS yang ada. Penempatan guru non PNS di sekolah ini menjadi keputusan bapak Bupati," jelas Sadra.

SMPN 5 Sukawati ini melengkapi 4 SMP negeri lainnya di Kecamatan Sukawati. 4 SMPN itu yakni SMPN 1 Sukawati di Desa Sukawati, SMPN 2 Sukawati di Desa Singapadu, SMPN 3 Sukawati di Desa Batuyang, SMPN 4 Sukawati di Desa Ketewel. "Perlu lima SMPN di Kecamatan Sukawati, karena Kecamatan Sukawati dan Gianyar menjadi kecamatan yang siswanya paling padat," ujarnya.

Sementara itu, jumlah tamatan SD di Gianyar yang akan melanjutkan ke SMP tahun ajaran 2020/2021  mencapai 7.339 orang. Daya tampung tamatan SD 161 rombongan belajar dengan 38 siswa dalam satu rombongan. Dengan adanya penambahan sekolah negeri ini, ada penambahan rombel untuk menampung siswa yang akan tamatan tahun ini, sesuai ketentuan. "Semua tamatan harus tertampung, baik di negeri maupun swasta. Namun masyarakat menginginkan anak-anak mereka bersekolah di sekolah negeri. Kami pun berusaha agar semua bisa tertampung baik di negeri atau swasta," jelas Sadra.*nvi

Komentar