nusabali

'Banyak Pembelajaran Berharga'

Teco soal Timnas U-19 Ikuti Liga 1

  • www.nusabali.com-banyak-pembelajaran-berharga

DENPASAR, NusaBali
Pelatih Bali United, Stefano ‘Teco’ Cugurra merespons positif wacana bergabungnya skuat Timnas U-19  dalam lanjutan Kompetisi Liga 1 2020.

Dia yakin kehadiran pasukan Garuda Muda yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 itu akan mendapat banyak pembelajaran berharga.  "Namun hal ini tergantung pelatih kepala Timnas Indonesia U-20. Semoga mereka punya persiapan yang benar agar berprestasi sebelum Piala Dunia U-20. Kompetisi ini sangat penting bagi nama Indonesia agar terlihat di negara lain," ujar Coach Teco, di laman resmi klub, Rabu (17/6).

Seperti diketahui kelanjutan Liga 1 2020 diprediksikan kembali bergulir pada September atau Oktober 2020. Namun, proyeksi jadwal bisa berubah mengingat persiapan "New Normal" belum sepenuhnya membaik.

Saat Liga 1 2020 benar dilanjutkan, masukan datang dari pelatih senior, Rahmad Darmawan yang menyarankan Timnas U-19 yang menjadi wakil dalam persiapan tim peserta Piala Dunia U-20 2021 sebagai kontestan tamu di Liga 1 2020.

"Kami tahu PSSI berencana meniadakan degradasi pada musim ini. Saran saya sebaiknya Timnas U-19 diikutkan saja sebagai peserta tamu di kompetisi lanjutan," kata RD, sebutan akrab Rahmad Darmawan.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan. Alasannya, di Korsel situasi Covid-19 lebih baik dibanding Indonesia.

Shin Tae-yong merespons keinginan PSSI untuk memanggilnya pada Juli nanti. Tak bermaksud menolak, Shin menilai kondisi pandemi virus corona di Indonesia belum ideal memulai aktivitas sepakbola lagi..

"Saya meminta pendapat mereka seperti apa, saya ingin menjalankan program ini dan sangat bersemangat. Seharusnya saya sudah harus pergi pada awal atau pertengahan Juli, namun ada banyak kasus (corona) baru akhir-akhir ini di Indonesia," ujar Shin Tae-yong kepada Kantor Berita Yonhap.

Sejauh ini Shin hanya bisa memantau latihan Timnas Indonesia U-19 dari jarak jauh secara online. Hal dilakukan mengingat dia dan para stafnya sudah di Negeri Ginseng sejak awal April lalu.  Latihan secara online itu dimulainya sejak medio Mei dan diikuti 44 pemain. *

Komentar