nusabali

Reservoir Air di Serangan Beroperasi Bulan Ini

  • www.nusabali.com-reservoir-air-di-serangan-beroperasi-bulan-ini

DENPASAR, NusaBali
Guna menjamin ketersediaan sarana air bersih di wilayah Denpasar, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma sudah membangun tempat penyimpanan air atau reservoir di tiga wilayah, yakni,  Serangan, Gunung Resimuka Monang Maning dan Gunung Agung Kota Denpasar.

Proyek reservoir ini pun sudah mendekati tahap akhir pengerjaan dan direncanakan segera diujicobakan. “Bulan ini pembangunan reservoir di Serangan tuntas dan segera diujicoba, sedangkan di dua wilayah lain di Monang-Maning dan Gunung Agung, akan mulai tahap pembangunan,” kata Ni Putu Sri Utami, Direktur Administrasi dan Keuangan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma, Selasa (16/6).

Upaya pembangunan reservoir yang masing-masing berkapasitas 1.000 meter kubik ini dimaksudkan meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pengaliran air sesuai Peraturan Pemerintah 54 tentang Badan Usaha Milik Daerah. “Ya, untuk  pelayanan prima dan sehat bagi warga masyarakat,” tutur Sri Utami.

Penempatan reservoir di kawasan Serangan disebut Sri Utami sangat urgen karena di wilayah tersebut kerap terjadi gangguan dan keluhan dari masyarakat terkait air bersih. “Kontinuitas pelayanan 24 jam ini sangat penting untuk menjamin ketersediaan air, sehingga kami bangun reservoar yang bisa menampung air 1.000 meter kubik,” kata Sri Utami.

Diakui pula bahwa sampai saat ini Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan baru menyebut pelayanan selama 22 jam. Penilaian itulah yang memacu Tirta Sewakadarma berupaya keras mencapai pelayanan di angka 24 jam. Toh demikian, Sri Utami tetap mengimbau pelanggan agar selalu menjaga ketersediaan air dengan tangki, tandon ataupun  ground tank sehingga apabila ada gangguan masih ada persediaan air.

Sementara itu terkait pandemi Covid-19, Tirta Sewakadarma berdasarkan Keputusan KPM/Walikota Denpasar  menggratiskan pembayaran air minum bulan Mei, Juni, Juli bagi pelanggan golongan sosial. “Penggratisan ini untuk sekolah negeri, yayasan, panti asuhan, tempat ibadah dan rumah tangga golongan yang daya listriknya 450 VA dengan jumlah sekitar 4.000 pelanggan," kata dia.

Sementara itu bagi pelanggan baru per  1 Juli dijanjikan diskon 50 persen dari harga Rp 1,7 juta menjadi Rp 800 ribu. Menariknya lagi, pembayaran diskonan itu masih bisa  diangsur. Terkait dampak Covid-19, Tirta Sewakadarma juga mendistribusikan sembako, masker, face shield dan sarung tangan  untuk para nelayan di wilayah Sanur dan Serangan, serta para mangku di pura-pura Sad Kahyangan. *mao

loading...

Komentar